4 Pemimpin Dunia Lulusan Harvard University, dari John Adams hingga Barack Obama

Jum'at, 16 September 2022 - 18:39 WIB
loading...
4 Pemimpin Dunia Lulusan Harvard University, dari John Adams hingga Barack Obama
Sedikitnya ada empat pemimpin dunia lulusan Harvard University yang perlu diketahui. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada empat pemimpin dunia lulusan Harvard University yang perlu diketahui. Universitas Harvard berdiri sekitar tahun 1636 dan menjadi salah satu Universitas terkemuka di dunia.

Dengan standar dan persaingan yang cukup ketat, Harvard University tercatat telah banyak mencetak lulusan yang kompeten dan menjadi orang penting di kemudian hari. Lantas, siapa sajakah mereka?

Baca juga : 10 Fakta Menarik Harvard University, Cek Apa Saja Keunggulannya

Berikut empat pemimpin dunia lulusan Harvard University.

1. John Adams

John Adams merupakan Presiden Amerika Serikat yang kedua. Pria kelahiran 30 Oktober 1735 ini pernah mendaftar ke Harvard pada tahun 1751. Kala itu, usianya baru 16 tahun.

Uniknya, dia berhasil lulus dalam waktu empat tahun dengan gelar Bachelor of Arts. Dikutip dari laman World Atlas, sementara ayahnya menginginkannya jadi menteri, Adams justru ingin pekerjaan yang lebih mulia.

Setelahnya, dia kembali ke Harvard dan memperoleh gelar Master of Arts pada tahun 1758. Berkat kerja kerasnya, John Adams bisa memiliki karier cemerlang termasuk menjadi Presiden Amerika Serikat pada 1797.

2. George W. Bush

Dalam riwayatnya, George W. Bush pernah meraih gelar dalam bidang sejarah dari Universitas Yale pada 1968. Ingin mengikuti jejak ayahnya, Bush memutuskan kuliah di Harvard Business School setelah ditolak Fakultas Hukum Universitas Texas.

Dikutip dari World Atlas, George W. Bush lulus pada tahun 1975 dengan gelar Master di bidang Administrasi Bisnis. Alih-alih mengikuti jejak orang lain untuk bekerja di bidang hukum, dia memutuskan terjun ke bisnis minyak sebelum akhirnya mencalonkan diri sebagai Presiden AS.

Pada tahun 2001. dia terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat ke-43.

Baca juga : Cerita Inspiratif! Anaknya Penghafal Al-Qur'an, Emaknya Jebolan Harvard University

3. John F. Kennedy

John F. Kennedy merupakan Presiden Amerika Serikat ke-35. Dalam riwayatnya, pria kelahiran 29 Mei 1917 ini diketahui sebagai alumni Harvard University.

Dikutip dari laman World Atlas, setelah belajar di Princeton selama dua bulan, Kennedy mendaftar di Harvard pada tahun 1936. Sempat berada di bawah bayang-bayang kakaknya Joe, dia menemukan gairahnya setelah bertemu filsafat politik.

Menjelang tahun terakhirnya, Kennedy berkeliling Eropa dan Uni Soviet guna mempersiapkan tesisnya tentang partisipasi Inggris dalam Perjanjian Munich yang pada akhirnya menjadi buku terlaris dengan judul Why England Slept.

Di Harvard University, John F. Kennedy lulus pada tahun 1940 dengan gelar Bachelor of Arts di bidang pemerintahan dengan konsentrasi Hubungan Internasional. Pada 1961, dia memenangkan pemilihan dan menjadi Presiden Amerika termuda dalam sejarah.

4. Barack Obama

Sama halnya dengan Kennedy, Barack Obama juga berstatus sebagai lulusan Harvard University. Lahir di Hawaii, 4 Agustus 1961, Obama memiliki darah keturunan campuran Amerika-Kenya.

Dikutip dari laman World Atlas, Barack Obama pernah meniti ilmu di Universitas Columbia dan lulus pada 1983 dengan gelar Ilmu Politik. Setelah pindah ke Chicago, dia masuk Harvard Law School pada 1988.

Sekitar tahun 1991, mantan Presiden Amerika Serikat ini lulus dengan gelar Doctor of Jurisprudence. Sempat mengajar hukum konstitusional di University of Chicago Law School, dia juga pernah terpilih sebagai Senat Illinois.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2886 seconds (0.1#10.140)