UI Terpilih Jadi Pelaksana Program Wirausaha Merdeka Kemendikbudristek

Sabtu, 17 September 2022 - 15:32 WIB
loading...
UI Terpilih Jadi Pelaksana Program Wirausaha Merdeka Kemendikbudristek
UI terpilih menjadi pelaksana Program Wiraushaa Merdeka Kemendikbudristek. Foto/Humas UI.
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) dipercaya untuk menjadi salah satu perguruan tinggi pelaksana Program Wirausaha Merdeka (WM) di antara 16 perguruan tinggi lainnya. Program ini merupakan salah satu flagship baru Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) Kemendikbudristek.

Program WM ditujukan bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki minat pada dunia wirausaha untuk meningkatkan kompetensi dan pengalaman berwirausaha. Pengalaman di luar kelas perkuliahan ini dapat diakui maksimum sampai 20 SKS melalui skema MBKM.

Baca juga: Unpad Jadi Tempat Belajar Vaksin Peneliti Negara OKI

Tujuan program ini untuk menumbuhkembangkan pola pikir dan kompetensi dasar di bidang kewirausahaan. Melalui program ini, para mahasiswa dilatih untuk mendapatkan berbagai pengalaman dalam bidang kewirausahaan, peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa, dan peningkatan kapasitas dan kualitas lulusan perguruan tinggi, serta menekan jumlah pengangguran terdidik.

Melalui siaran pers Sabtu (17/9/2022), Program WM yang diinisiasi UI berjudul Wira-Cipta Universitas Indonesia dengan mengedepankan pentingnya kolaborasi lintas disiplin ilmu dalam kelompok mahasiswa dalam berinovasi dan menciptakan ide bisnis. Sebanyak 189 orang peserta dari 53 perguruan tinggi seluruh Indonesia yang berasal dari 48 Program Studi, yaitu 5 Program Diploma, 39 Program Sarjana, dan 3 Program Magister, terlibat dalam program ini.

Mereka berasal dari Jabodetabek (102 orang), dan non-Jabodetabek (88 orang) yang berasal dari 58 Kota di Indonesia: 41 kota di Jawa-Bali, 12 kota di Sumatera, 1 kota di Kalimantan, dan 1 kota di Maluku. Program Wira-Cipta Universitas Indonesia mendapat dukungan dari Founderplus dan Sekolah Ekspor.

Kurikulum dan materi program merupakan formulasi akademik-praktisi, yaitu gabungan dari kuliah kewirausahaan dari berbagai prodi di Universitas Indonesia, program inkubasi bisnis di Direktorat Inovasi dan Science Techno Park UI, serta dari modul pelatihan dari Founderplus dan Sekolah Ekspor. Tidak kurang dari 19 dosen pendamping lapangan (DPL), 19 mentor industri, 5 narasumber, dan 3 guest lecture turut mendukung kegiatan ini dalam memberikan pengetahuan, pengalaman, skill, pendampingan, dan bimbingan pada para peserta.

Baca juga: Ciptakan Robot Pendeteksi Limbah dan Air Kotor, Unnes Raih Juara di Malaysia

Kegiatan Wirausaha Merdeka UI (WMK UI) dilaksanakan dari akhir Agustus sampai akhir November 2022 secara daring dan luring. Kegiatan daring terstruktur menggunakan platform Learning Management System MBKM “IDOLS UI” dan Zoom. Sedangkan, puncak acara “Demo Day” akan dilaksanakan secara luring di akhir November 2022. Pada acara Demo Day, seluruh peserta akan melakukan pameran hasil karya inovasi dan rencana bisnis dari kelompoknya, serta akan mempresentasikan (pitching) di depan juri/investor.

Persyaratan untuk mahasiswa agar dapat mengikuti Program Wirausaha Merdeka Universitas Indonesia adalah mahasiswa aktif dengan syarat jenjang pendidikan S1 minimal semester 5, D2, D3, dan D4 minimal semester 3, S2 dan S3 - tanpa batasan semester (tanpa konversi SKS), tidak sedang menyusun skripsi atau tugas akhir saat mengikuti program, tidak sedang mengikuti program MBKM yang lain, memperoleh surat rekomendasi dari Ketua Prodi (diperbolehkan menggunakan tanda tanga scan), bersedia mengikuti program penuh waktu (satu semester), menyampaikan dokumen tambahan seperti data diri, motivation letter, rencana ide berwirausaha, sudah vaksinasi COVID-19 lengkap.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)