Daftar 18 Perguruan Tinggi Terbaik PKM Award Kemendikbudristek 2022

Kamis, 22 September 2022 - 10:04 WIB
loading...
Daftar 18 Perguruan Tinggi Terbaik PKM Award Kemendikbudristek 2022
Sebanyak 18 perguruan tinggi masuk daftar perguruan tinggi terbaik PKM Award. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - 18 perguruan tinggi di Indonesia telah diumumkan sebagai perguruan tinggi terbaik pada setiap klaster pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2022. UGM , IPB University, dan ITS masuk perguruan tinggi terbaik klaster 1.

PKM merupakan suatu ajang kreativitas bagi mahasiswa Indonesia yang telah memiliki sejarah panjang dalam pelaksanaannya. Program PKM awalnya diinisiasi oleh Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa (LKIM) pertama di tahun 1988 yang diselenggarakan di Universitas Indonesia.

Baca juga: Kuliah Umum di PBSI UIN Jakarta, Yudi Latif Gaungkan Pendidikan Berkebudayaan

Saat ini, pelaksanaan PKM telah memasuki tahun ke-35. Dan diharapkan akan menjadi katalis peningkatan kompetensi mahasiswa Indonesia yang sejalan dengan semangat Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek.

PKM 2022 diperuntukkan bagi mahasiswa D3, D4, atau S1 di seluruh perguruan tinggi di bawah Kemendikbudristek dan terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Kriteria PKM yang diperlombakan ada 10. Yakni:

1. PKM Riset Eksakta (PKM-RE)
2. PKM Riset Sosial Humaniora (PKM-RSH)
3. PKM Kewirausahaan (PKM-K)
4. PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-PM)
5. PKM Penerapan Iptek (PKM-PI)
6. PKM-Karsa Cipta (PKM-KC)
7. PKM Karya Inovatif (PKM-KI)
8. PKM-Karya Video Gagasan Konstruktif (PKM-VGK)
9. PKM Gagasan Futuristik Terpadu (PKM-GFT)
10. PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Dikutip dari Instagram resmi Ditjen Diktiristek, berikut ini 18 perguruan tinggi terbaik di Indonesia pada setiap klaster program PKM 2022 Kemendikbudristek.

Baca juga: 15 Politeknik Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022, Selalu Jadi Buruan Calon Mahasiswa

Penghargaan ini diberikan kepada perguruan tinggi penerima pendanaan dan insentif terbanyak pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2022.

"Semoga penghargaan ini menjadi penyemangat bagi penerima dan Perguruan tinggi lain untuk meningkatkan partisipasinya dalam setiap pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa. Selamat dan Terus Berkarya," tulis @ditjen.dikti, dikutip Kamis (22/9/2022).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1727 seconds (11.97#12.26)