Inilah Deretan Universitas Katolik Tertua di Indonesia

Kamis, 22 September 2022 - 17:46 WIB
loading...
Inilah Deretan Universitas Katolik Tertua di Indonesia
Universitas Katolik dalam riwayatnya telah lama berdiri di Indonesia. Foto DOK unpar
A A A
JAKARTA - Universitas Katolik dalam riwayatnya telah lama berdiri di Indonesia . Masing-masing perguruan tinggi tersebut memiliki sejarah panjang yang terus berkembang hingga saat ini.

Tak hanya Universitas Islam, di Indonesia juga cukup banyak ditemui Universitas Katolik, Universitas Kristen, dan lain sebagainya. Meski memiliki perbedaan nama, tujuannya jelas sama, yakni mencetak generasi penerus yang kompeten dan cerdas.

Baca juga : 9 Universitas Ikut HMJA Cup FEB Universitas Atma Jaya Makassar

Berikut beberapa universitas katolik tertua di Indonesia :

1. Universitas Katolik Parahyangan

Dikutip dari laman resminya, 17 Januari 1955 menjadi awal mula pendirian sebuah perguruan tinggi yang kini dikenal dengan Universitas Katolik Parahyangan. Kala itu, didirikan Akademi Perniagaan oleh Keuskupan Bandung sebagai hasil kerjasama antara uskup Bandung Mgr. P. M. Arntz, OSC. (alm) dengan uskup Bogor Mgr. Prof. Dr. N. J. C. Geise, OFM. (alm).

Setelahnya, palu Agustus 1955, Akademi Perniagaan tersebut mengalami perubahan menjadi Perguruan Tinggi Sosio-Ekonomi Parahyangan yang sekarang dikenal sebagai Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan.

Pada 1961, terbit Undang-Undang Nomor 22 tahun 1961 tentang Perguruan Tinggi yang membuat Perguruan Tinggi Katolik Parahyangan berubah nama menjadi Universitas Katolik Parahyangan.

Seiring perkembangannya, salah satu Universitas Katolik tertua ini terus tumbuh dan memiliki banyak fakultas dan program studi baru.

2. Universitas Sanata Dharma
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1336 seconds (11.252#12.26)