Tunjang Lulusan Baru, ITS Luncurkan Program Pengembangan Karier

Jum'at, 23 September 2022 - 09:05 WIB
loading...
Tunjang Lulusan Baru, ITS Luncurkan Program Pengembangan Karier
ITS meluncurkan program pengembangan karier untuk menunjang para lulusan baru. Foto/Dok/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Dalam menyambut kelulusan para wisudawan ke-126, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meluncurkan program baru guna mengaktualisasi dan penunjang karier pascastudi lewat Career Development Program (CDP). ITS ingin memberikan berbagai fasilitas untuk mencetak lulusan agar siap bersaing di dunia kerja baik nasional maupun internasional.

Wakil Rektor I ITS Prof Dr Ir Adi Soeprijanto menyampaikan agar mahasiswa mengamalkan ilmu dan kompetensi yang telah didapatkan selama berkuliah di ITS. “Pastikan mahasiswa mampu memetakan karier dengan baik, apalagi adanya bantuan fasilitas yang diberikan,” tuturnya, melalui siaran pers, Jumat (23/9/2022).

Baca juga: 100 Universitas Terbaik di Indonesia Versi UniRank 2022, Hampir 50 Persen Kampus Top dari Swasta

Selaras dengan pernyataan Wakil Rektor I tersebut, Wakil Gubernur Jawa Timur (Wagub Jatim) Dr H Emil Elestianto Dardak yang memberikan sambutan secara virtual mengatakan, wisudawan harus mempunyai kapabilitas untuk menentukan karier. Maka dari itu diharapkan tidak terpaku dengan ijazah dan perluas kerangka berpikir dengan pengalaman.

“Jadilah independent worker, karena itu tingkatkan kompetensi diri sesuai kebutuhan, selain itu jadikan hal tersebut sebagai modal dalam berkarya untuk masyarakat,” pesan Emil.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Pengembangan Kewirausahaan dan Karir Direktorat Kemahasiswaan ITS Arief Abdurrakhman menjelaskan, hadirnya CDP ini sekaligus menjadi upaya untuk mempertahankan peringkat pertama ITS dalam meraih Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 pada lingkup perguruan tinggi.

Setahun terakhir, dalam IKU 1 ITS berhasil mengungguli perguruan tinggi lainnya dalam hal keberhasilan lulusan, baik pada pekerjaan, studi lanjut, maupun berwirausaha. Melihat adanya dorongan pada kriteria IKU yang mengharuskan lulusan untuk mendapatkan pekerjaan dalam kurun waktu kurang dari enam bulan, Arief yakin CDP menjadi alat yang tepat untuk menunjang hal tersebut.

Ia melihat potensi dan kompetensi yang dimiliki oleh wisudawan ITS sangat besar, namun banyak yang belum bisa mengoptimalkan dengan baik. “Misalnya, ada yang menonjol dalam hardskill tapi kurang dalam softskill, unggul dalam kompetensi tapi masih belum bisa bersaing keluar (internasional, red),” ungkapnya.

Ia menambahkan, guna menunjang CDP, ITS bekerja sama dengan 200 mitra baik dari perusahaan, pemerintah, penyedia beasiswa, investor dan lain-lain. CDP memfasilitasi wisudawan untuk mendapatkan konsultasi karier dengan alumni ITS, peningkatan skill berupa sertifikasi, dan pelatihan berbagai software secara gratis.

Baca juga: UPN Veteran Jakarta Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Pabean Udik Indramayu
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1580 seconds (11.97#12.26)