8 Sekolah Kedinasan Terbaik, Lulus Langsung Jadi CPNS

Sabtu, 24 September 2022 - 16:06 WIB
loading...
8 Sekolah Kedinasan Terbaik, Lulus Langsung Jadi CPNS
8 sekolah kedinasan terbaik yang lulusannya bisa langsung jadi CPNS. Foto/Dok/IPDN.
A A A
JAKARTA - Seleksi masuk sekolah kedinasan menjadi buruan lulusan SMA dan sederajat karena lulusannya akan menjadi CPNS . Melalui pola ikatan dinas, lulusannya tidak pusing mencari kerja karena setelah lulus bisa langsung menjadi aparatur negara.

Seperti yang kita ketahui, sebagian besar sekolah kedinasan tidak membebankan biaya pendidikan kepada mahasiswanya. Setelah menempuh pendidikan, lulusannya pun akan bisa bekerja sesuai dengan bidang ilmu yang telah dia terima ketika kuliah.

Baca juga: Berusia 19 Tahun, Shafiy Jadi Wisudawan Termuda ITS

Misalnya, lulusan PKN STAN yang akan menjadi SDM berkompeten dan berintegritas di bidang keuangan negara ini juga akan ditempatkan di berbagai kementerian/lembaga lainnya dan juga menjadi abdi negara yang tersebar di pemerintah daerah lain.

Persaingan lolos sekolah kedinasan pun tidak mudah karena peminatnya yang mencapai puluhan bahkan ratusan ribu pendaftar tidak sebanding dengan kuota yang terbatas. Oleh karena itu, kalian bisa mempertimbangkan delapan sekolah kedinasan ini dan mencari tahu informasi lebih lanjut agar bisa sukses diterima di salah satu sekolah kedinasan pilihanmu.

Dikutip dari laman Mau Kuliah, berikut ini delapan sekolah kedinasan yang lulus langsung bisa menjadi CPNS.

1. Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)

Sudah diketahui sejak lama, PKN STAN adalah salah satu perguruan tinggi kedinasan yang lulusannya bisa memenuhi syarat untuk bekerja di lingkungan Kemenkeu atau lembaga negara terkait.

PKN STAN menyediakan berbagai macam jenjang dari Diploma I hingga Diploma IV. Sementara itu, untuk program studinya menyediakan jurusan Akuntansi, Perpajakan, Kepabeanan dan Cukai, serta Manajemen Keuangan.

Untuk informasi detail seputar kampus ini, kamu bisa mengunjungi laman resminya di http://pknstan.ac.id.

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Perguruan tinggi kedinasan yang terletak di kota Bandung ini masih menjadi favorit bagi para lulusan SMA. Hal ini tidak lain karena lulusannya bakal diterima di institusi pemerintah dan jadi CPNS.

Beberapa program studi yang ada di prodi ini adalah Kebijakan Pemerintahan, Politik Pemerintahan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemerintahan, Manajemen Pembangunan, Kebijakan Pemerintahan. Nah, biar tidak ketinggalan info, langsung saja cek di laman http://spcp.ipdn.ac.id.

Baca juga: Mengenal Salimah, Peraih Beasiswa Hafiz Al-Qur'an UII untuk Kuliah Kedokteran

3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Bagi kalian yang suka dengan statistik dan matematika maka kuliah di STIS akan bisa menemui pelajaran favoritmu sekaligus mendapatkan kesempatan untuk menjadi CPNS.

Program studi di kampus ini hanya ada dua, yaitu statistik dan komputasi statistik. Jadi tinggal pilih aja sesuai yang kamu inginkan. Untuk mengetahui STIS lebih lanjut bisa ke laman http://stis.ac.id

4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN merupakan salah satu kampus kedinasan yang paling dibutuhkan di negeri ini. Di kampus ini terdapat jurusan agen dan analis intelijen. Biar makin tahu seputar jurusan ini, langsung kunjungi laman http://stin.ac.id.

5. Sekolah Tinggi Meteorologi dan Geofisika (STMKG)

Jika kalian tertarik dengan hal berbau meteorologi dan geofisika, melanjutkan studi di kampus ini bisa jadi pilihan. Kampus yang satu ini merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan BMKG. Jadi kamu bisa menjadi CPNS ketika kamu lulus nanti. Seputar informasi di jurusan ini bisa dikunjungi http://ptb.stmkg.ac.id.

6. Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

PTK yang satu ini masih di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Poltek SSN sendiri memiliki jenjang studi untuk program Diploma IV. selain itu, buat kalian yang lolos di PTK ini kamu bakalan terbebas dari biaya pendidikan dan mendapatkan asrama selama masa studimu. Untuk informasi terkait, langsung saja bisa mengunjungi https://poltekssn.ac.id/.

7. Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan

Tak kalah ketinggalan, beberapa kampus kedinasan yang bakal jadi CPNS adalah kampus yang berasal di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Beberapa kampus tersebut, antara lain:

Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD)
Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal
Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan Palembang
Politeknik Transportasi Darat (POLTRADA) Bali
Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta
Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar
Politeknik Pelayaran Surabaya
Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang
Politeknik Pelayaran Sumatera Barat
Politeknik Pelayaran Banten
Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh
Politeknik Pelayaran Barombong
Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
Politeknik Penerbangan Makassar
Politeknik Penerbangan Medan
Politeknik Penerbangan Surabaya
Politeknik Penerbangan Jayapura

8. Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian Hukum dan HAM

Selain itu, ada lagi sekolah kedinasan di bawah naungan Kemenkumham yang bakal diterima jadi CPNS, yaitu Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi.

Nah demikian tadi delapan sekolah kedinasan yang setelah lulus bisa langsung menjadi CPNS. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2194 seconds (10.177#12.26)