Mahasiswa, Ini Lima Tips agar Bisa Lulus dengan Predikat Cumlaude

Sabtu, 24 September 2022 - 17:42 WIB
loading...
Mahasiswa, Ini Lima Tips agar Bisa Lulus dengan Predikat Cumlaude
Lima tips agar bisa lulus dengan predikat cumlaude. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Lulus kuliah dengan predikat cumlaude bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa . Meraih predikat lulus dengan pujian itu juga bukan hal yang mudah dan ada kerja keras di baliknya.

Biasanya dalam prosesi wisuda di perguruan tinggi, akan disebutkan nama-nama para mahasiswa yang lulus dengan predikat cumlaude. Hal ini tentunya menjadi momen yang berharga bagi mahasiswa karena menjadi yang terbaik di antara lulusan lainnya.

Meski bukan hal yang mudah, tapi sangat mungkin untuk mendapatkan IPK 4,00, karena cukup banyak mahasiswa yang sudah berhasil dan membuktikannya. Dan sebagai bentuk penghargaan kepada mahasiswa teladan dan berprestasi ini, terdapat gelar kehormatan yang disematkan, yakni cumlaude.

Baca juga: 8 Sekolah Kedinasan Terbaik, Lulus Langsung Jadi CPNS

Namun apa itu cumlaude dan bagaimana mendapatkan predikat cumlaude, dikutip dari laman Quipper berikut ini tips untuk mendapatkannya.

Pengertian Cumlaude

Cumlaude berasal dari bahasa Latin yang memiliki arti “dengan pujian”. Pujian ini diberikan oleh perguruan tinggi kepada mahasiswa yang berhasil menuntaskan pendidikan dengan capaian gemilang.

Secara umum, terdapat tiga predikat kelulusan berdasarkan nilai IPK:

IPK 2,00-2,75 Memuaskan

IPK 2,76-3,50 Sangat Memuaskan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)