12 Kampus Negeri Terbaik di Jakarta dan Biaya Kuliahnya

Sabtu, 24 September 2022 - 18:19 WIB
loading...
12 Kampus Negeri Terbaik di Jakarta dan Biaya Kuliahnya
12 kampus negeri terbaik di Jakarta dan kisaran biaya kuliahnya. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - DKI Jakarta sebagai ibukota negara memiliki banyak perguruan tinggi dengan beragam pilihan program studi, fasilitas, dan biaya kuliah yang terjangkau. Tidak hanya universitas , namun juga ada politeknik hingga sekolah tinggi yang bisa menjadi pilihan calon mahasiswa baru.

Tidak dapat dipungkiri, Jakarta sebagai kota metropolitan memang memiliki ragam fasilitas publik untuk memudahkan warganya. Beragam trasnsportasi, tempat hiburan, ruang terbuka publik, pusat perbelanjaan, hingga tempat ibadah.

Tidak terkecuali di bidang pendidikan. Jakarta pun memiliki perguruan tinggi yang berstatus negeri maupun swasta yang bisa menampung banyak mahasiswa baru untuk berbagai jurusan kuliah. Bagi kalian yang tertarik kuliah di PTN, berikut ini 12 rekomendasi kampus beserta jurusan dan biaya kuliahnya yang dikutip dari laman Brain Academy.

1. Universitas Indonesia (UI)

Kampus ini sudah berdiri sejak era kolonial Belanda, tepatnya tahun 1849. Berawal dari sekolah kedokteran atau yang dikenal dengan sebutan STOVIA, UI mempunyai dua kampus yang terletak di Jalan Salemba, Jakarta Pusat, dan Depok, Jawa Barat.

Meskipun salah satu kampusnya berada di provinsi Jawa Barat, kampus UI Depok masih berbatasan langsung dengan Jakarta Selatan. Sehingga terbilang strategis dan tidak begitu jauh dari pusat kota Jakarta.

Jurusan di UI Salemba
Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran Gigi

Jurusan di UI Depok
Fakultas Hukum
Fakultas Teknik
Fakultas Psikologi
Fakultas Ilmu Komputer
Fakultas Ilmu Administrasi
Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Matematika dan IPA
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
Program Vokasi (D3 dan D4 Sarjana Terapan)

Biaya Kuliah

Biaya kuliah UI terbagi menjadi BOP (Biaya Operasional Pendidikan) dan UP (Uang Pangkal). BOP adalah biaya kuliah yang dibayarkan setiap semester. Sedangkan UP dibayarkan satu kali di semester awal perkuliahan. UP hanya diwajibkan bagi mahasiswa S1 Paralel, Vokasi, dan Kelas Internasional.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2145 seconds (0.1#10.140)