Delapan Kampus Termahal di Indonesia, Ada Incaranmu?

Selasa, 27 September 2022 - 13:01 WIB
loading...
Delapan Kampus Termahal di Indonesia, Ada Incaranmu?
Delapan kampus termahal di Indonesia, mana kampus incaranmu?. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Ragam kampus tidak hanya terbatas pada perguruan tinggi negeri dan swasta saja. Namun adanya faktor biaya pendidikan yang dipatok tinggi membuat sejumlah kampus kerap disebut ke dalam deretan kampus termahal di Indonesia.

Untuk biaya pendidikan di Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) memang mencatat biaya untuk mengenyam pendidikan di Tanah Air semakin tinggi setiap tahunnya dan semakin besar seiring tingginya jenjang yang ditempuh.

Khusus untuk pendidikan tinggi pada tahun ajaran 2020/2021, biaya yang dibutuhkan untuk mengenyam pendidikan tercatat sebesar Rp14,47 juta. Jumlah itu naik hampir dua kali lipat dibandingkan dari jenjang pendidikan sebelumnya.

Perguruan tinggi yang menetapkan biaya pendidikan tinggi ke mahasiswa baru pastinya menyelaraskan hal tersebut dengan beragam fasilitas yang mumpuni untuk menunjang pembelajaran bagi mahasiswanya.

Baca juga: Ini Sejarah Berdirinya Universitas Terbuka, Kampus dengan Mahasiswa Terbanyak

Mulai dari laboratorium, ruang kelas, hingga perpustakaan didesain khusus untuk memberikan kenyamanan bagi mahasiswa untuk bisa menjadi lulusan yang diwisuda dengan nilai maksimal dan kompetensi tinggi.

Dikutip dari laman Quipper, meskipun belum ada data resmi terkait kampus termahal di Indonesia namun berikut ini delapan kampus yang sering disebut-sebut di deretan kampus termahal di Indonesia.

1. Swiss German University (SGU)

Swiss German University (SGU) berdiri pada tahun 2000, sebagai universitas internasional pertama dengan lisensi akademik yang diakui berdasarkan hukum Indonesia. Kampus ini terbentuk lewat upaya bersama antara Indonesia, Jerman, Swiss, dan Austria dengan tujuan membawa fokus internasional yang kuat dan mempromosikan pengetahuan dan teknologi dalam sistem pendidikan tinggi Indonesia. Biaya kuliah per semester di Swiss German University (SGU) terbilang wow yakni Rp27.500.000-Rp30.000.000.

2. President University
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3108 seconds (11.210#12.26)