Sederet Politeknik Termuda di Indonesia, Nomor 1 Baru di Resmikan

Selasa, 27 September 2022 - 20:53 WIB
loading...
Sederet Politeknik Termuda di Indonesia, Nomor 1 Baru di Resmikan
Politeknik Negeri Nunukan (PNN). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Politeknik adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan keterampilan dan ilmu terapan. Dalam artian lain, Politeknik merupakan jalur pendidikan vokasi atau vokasional pada perguruan tinggi yang membekali lulusannya dengan keterampilan.

Berbeda dengan Universitas, Politeknik hanya menyediakan jenjang studi vokasi yang terdiri dari D3 dan D4 dengan tujuan untuk mencetak lulusan yang siap bersaing di dunia kerja. Maka dari itu, mata kuliah di Politeknik ini lebih mengutamakan praktik dibanding teori dan jenis perguruan tinggi ini sangat cocok untuk kamu yang berasal dari SMK.



Meskipun hanya vokasi, pilihan jurusan yang disediakan sangat banyak dan beragam, di antaranya ada akuntansi, agribisnis, teknologi, teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, teknik komputer, dan teknik.

Jurusan lainnya, informatika, pariwisata, perhotelan, administrasi niaga, pertanian, media, animasi, desain mode, tata niaga, tata boga, arsitektur bangunan gedung, dan masih banyak lagi.

Kenapa harus memilih Politeknik? Selain menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki keterampilan, lulusan Politeknik dididik untuk memiliki jiwa wirausaha, berbudaya, berwawasan lingkungan serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.



Setelah kita mengetahui seputar dunia Politeknik, tahukah kamu ada Politeknik termuda di Indonesia. Berikut, 3 Politeknik Negeri termuda di Indonesia.

1. Politeknik Negeri Nunukan (PNN)

Politeknik Negeri Nunukan (PNN) berlokasi di Pulau Nunukan, Kalimantan Utara. Politeknik Negeri Nunukan sebelumnya di bawah binaan Politeknik Negeri Samarinda dan kini telah berubah status menjadi Politeknik Negeri.

Status hukum PNN kini sudah berdiri sendiri dan tidak lagi mengikuti Politeknik Negeri Samarinda. Perubahan status ini muncul setelah Kemendikbud mengeluarkan SK Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 42 tahun 2020 tanggal 24 September 2020 tentang Pendirian, Organisasi, Tata Kerja Politeknik Negeri Nunukan

Momen bersejarah bagi pendidikan tinggi vokasi kembali tertoreh dengan diresmikannya Politeknik Negeri Nunukan (PNN) pada 28 Januari 2021. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto pun turut memberikan ucapan selamat secara daring atas berdirinya Politeknik Negeri ke-44 di Indonesia ini.

Selain itu, Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi (PTV) dan Profesi Beny Bandanadjaya pun turut hadir secara langsung serta menandatangani prasasti peresmian Politeknik Negeri Nunukan yang berlokasi di dekat perbatasan Negeri Jiran, Malaysia.

2. Politeknik Negeri Indramayu

Politeknik Negeri termuda selanjutnya adalah Politeknik Negeri Indramayu (Polindra), sebuah perguruan tinggi negeri vokasi yang terletak di Jl. Raya Lohbener Lama, Desa Lohbener, Kecamatan Lohbener, Kabupaten Indramayu.

Pada 2014, Politeknik Negeri Indramayu berubah status dari perguruan tinggi swasta (PTS) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) yang diresmikan pada 6 Oktober 2014, oleh Presiden Dr. Susilo Bambang Yudhoyono.

Pendirian ini mengacu pada peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.101 tahun 2014 tentang Pendirian, Organisasi, dan Tata Kerja Politeknik negeri Indramayu.

3. Politeknik Negeri Cilacap

Politeknik Negeri termuda yang ke-3 adalah Politeknik Negeri Cilacap (PNC), merupakan perguruan tinggi negeri vokasi di Jawa Tengah yang berlokasi di Kabupaten Cilacap. Perguruan Tinggi ini berdiri pada 2014 dengan dasar hukum peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.102 tahun 2014.

Politeknik Negeri Cilacap berlokasi di Jl. Dr. Soetomo No.1, Karangcengis, Sidakaya, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sebelumnya, Politeknik Negeri Cilacap dibangun atas dasar gagasan dan semangat Bupati Cilacap pada 2006 untuk memberikan kesempatan masyarakat Cilacap meningkatkan tingkat kehidupan melalui jenjang pendidikan yang selaras dan sejalan dengan program pemerintah Cilacap.

MG/Nurul Faiza Ridha Vadellah
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9026 seconds (0.1#10.140)