20 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Diburu di Masa Depan

Rabu, 28 September 2022 - 09:50 WIB
loading...
20 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Diburu di Masa Depan
20 jurusan kuliah yang lulusannya paling diburu di masa depan. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah yang lulusannya paling diburu dengan kebutuhan dunia kerja di masa depan ada bermacam-macam. Mulai dari jurusan teknik, ekonomi, hingga keperawatan.

World Economic Forum’s dalam Future of Jobs Report 2020 mengatakan, akan ada pola yang berubah dalam dunia kerja akibat efek otomatisasi. 97 juta pekerjaan baru akan diciptakan melalui revolusi robot yang sebagian besar lapangan kerja itu membutuhkan tenaga ahli di bidang teknologi, internet, dan manajemen.

Sementara itu, pekerjaan yang relatif tidak tersentuh keberadaan teknologi otomatisasi, di antaranya pekerjaan di bidang pendidikan, kesehatan, pelatihan, dan pekerjaan sosial.

Oleh karena itu, kita para generasi muda mesti siap-siap sejak awal untuk menghadapi perubahan ini. Kemampuan berpikir analitis, kreativitas, dan fleksibilitas menjadi salah satu keterampilan yang paling dicari di dunia kerja masa depan.

Baca juga: Inilah 5 Poltekkes Kemenkes Terbaik Versi Webometrics 2022

Berikut ini 20 jurusan kuliah yang lulusannya dibutuhkan di masa depan yang dikutip dari laman Brain Academy.

1. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan yang menjanjikan pertama adalah Jurusan Teknik Informatika. Mahasiswa jurusan ini dibentuk agar menjadi ahli dalam bidang teknologi. Bahkan, di jurusan ini kamu juga akan belajar tentang pemrograman hingga membuat aplikasi. Makanya, lulusan Jurusan Teknik Informatika akan sesuai dengan kebutuhan dunia di masa depan.

2. Jurusan Teknik Elektro

Selanjutnya, ada Jurusan Teknik Elektro yang ilmunya memiliki pengaruh kuat dalam perkembangan peradaban manusia. Kebutuhan ilmu dari jurusan ini telah terbukti terus dibutuhkan hingga sekarang. Mahasiswanya tak hanya belajar soal listrik, tetapi juga telekomunikasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)