Ini 10 Kampus Indonesia dengan Mahasiswa Asing Terbanyak, ITS No 1

Rabu, 28 September 2022 - 17:09 WIB
loading...
Ini 10 Kampus Indonesia dengan Mahasiswa Asing Terbanyak, ITS No 1
ITS Global Kampus-Kantor DKG ITS. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus berjuang untuk meningkatkan kualitas di segala bidang, khususnya di bidang internasionalisasi. Hal ini dibuktikan dengan diterimanya 1.793 mahasiswa asing dari berbagai negara.

Jumlah tersebut menjadikan ITS meraih peringkat pertama dalam pengajuan izin studi mahasiswa asing menurut Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI).

Direktur Kemitraan Global (DKG) ITS Assoc Prof Maria Anityasari mengatakan, pencapaian ini berhasil dirilis oleh DIKTI sembari mendatangi rapat pengajuan izin belajar dan pelaporan mahasiswa asing kepada DIKTI.

Baca juga: Profesor IPB Ungkap Peran Luar Biasa Semut Pada Teknologi Juga Pengobatan

Pada umumnya, informasi tersebut biasanya dirilis ketika menjelang akhir tahun. “Penyampaian oleh DIKTI saat ini mungkin masih bersifat sementara. Karena tahun 2022 masih belum berakhir,” ucapnya, melalui siaran pers, Rabu (28/9/2022).

Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini DKG ITS telah mengonsep mobilitas secara langsung dengan baik. Melalui program magang, pertukaran pelajar, hingga short course, DKG ITS berhasil menerima lonjakan jumlah mahasiswa asing yang tertarik untuk mengunjungi ITS secara luring.

“Sejak 2020, kami berusaha menyelenggarakan virtual mobility yang menarik agar aktivitas internasionalisasi di ITS tetap hidup meski di masa pandemi,” kata Maria.

Menurutnya, ITS tahun ini sering menerima mahasiswa asing yang mengikuti program jangka pendek berasal dari Shibaura Institute of Technology (SIT), Jepang. Selain program jangka pendek, tahun ini ITS berhasil menerima pertukaran mahasiswa asing yang mayoritas berasal dari Eropa. Mulai dari mahasiswa Perancis, Finlandia, Denmark, dan berbagai negara lainnya.

Baca juga: Profil Prof Bambang Sudibyo, Mantan Menteri Pendidikan Indonesia yang Pernah Menjadi Ketua Umum BAZNAS

Dosen Departemen Teknik Sistem dan Industri tersebut menjelaskan, peningkatan mahasiswa asing yang belajar di ITS ini berhasil diraih dengan adanya inovasi-inovasi baru. Inovasi-inovasi tersebut berhasil disesuaikan dengan sasaran pasar yang DKG inginkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3399 seconds (0.1#10.140)