5 Jurusan Sepi Peminat Tapi Punya Prospek Kerja Menjanjikan dan Gaji Tinggi

Kamis, 29 September 2022 - 09:52 WIB
loading...
5 Jurusan Sepi Peminat Tapi Punya Prospek Kerja Menjanjikan dan Gaji Tinggi
5 jurusan sepi peminat tapi punya prospek kerja menjanjikan dan gaji tinggi. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Banyaknya pilihan jurusan di perguruan tinggi kadang bikin calon mahasiswa baru kepusingan. Apabila salah jurusan karena jurusannya tidak sesuai dengan keinginan bisa-bisa kuliah bisa berhenti di tengah jalan.

Calon mahasiswa dibebaskan untuk memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing. Sebab dengan memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat maka kalian akan lebih nyaman dan semangat untuk berkuliah.

Kebanyakan anak memilih jurusan yang ramai peminat seperti Hukum, Komunikasi, Psikologi, Kedokteran, dan Teknik. Tapi nyatanya, prospek kerja yang menjanjikan dan luas bukan hanya dilihat dari jurusan yang peminatnya banyak aja, lho!.

Baca juga: 4 Universitas Muhammadiyah Terbaik Versi Webometrics 2022, Bisa Jadi Referensi

Beberapa jurusan yang kurang peminat juga memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Dikutip dari laman Brain Academy, berikut ini lima jurusan yang masih jarang peminat, tapi lulusannya banyak dibutuhkan.

1. Jurusan Oseanografi

Siapa nih di antara kamu yang suka laut? Jurusan Oseanografi merupakan cabang dari ilmu kelautan. Jurusan Oseanografi mempelajari berbagai fenomena laut, yang kemudian bisa diaplikasikan ke banyak bidang, seperti lingkungan, bencana laut, perikanan, dan lain-lainnya.

Mata kuliah yang dipelajari pada jurusan ini antara lain adalah Komputasi Oseanografi, Oseanografi Kimia, Selam dan Navigasi Laut, Pasang Surut, dan masih banyak lainnya. Nah, sebagai lulusan jurusan ini, kamu memiliki prospek kerja yang luas, karena kamu dapat bekerja di berbagai industri, terutama industri yang berhubungan dengan laut.

Lulusan Oseanografi juga dapat bekerja sebagai oceanographer, coastal modeler, oceanographic surveyor, metocean engineer, marine seismic navigator (offshore navigator, hydrographic surveyor, peneliti di berbagai lembaga swasta atau pemerintahan, dan menjadi tenaga pengajar.

Selain itu, gaji yang ditawarkan untuk fresh graduate jurusan ini bisa mencapai angka Rp10jt per bulan, lho! Kalau kamu tertarik dengan jurusan Oseanografi, ada dua PTN ternama yang menyediakan jurusan ini, yaitu Institut Teknologi Bandung dan Universitas Diponegoro.

2. Antropologi Sosial
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1033 seconds (10.101#12.26)