Perbandingan Gaji Guru TK Swasta dan Honorer

Selasa, 04 Oktober 2022 - 11:06 WIB
loading...
Perbandingan Gaji Guru TK Swasta dan Honorer
Guru PAUD tengah mengajari siswa-siswinya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Besaran gaji Guru TK baik untuk swasta maupun negeri sangat menarik untuk kita bahas. Dari generasi ke generasi, gaji seorang guru memang selalu menjadi topik pembahasan yang tidak luput dari pembicaraan seorang lulusan baru, utamanya sarjana.

Profesi seorang guru memang mulia. Namun katanya gajinya tidak sesuai dengan pekerjaannya yang mendidik anak bangsa, bahkan sampai sampai dibilang “guru profesi tanpa tanda jasa”.

Baca juga: Pemerataan Pendidikan, Kemenag Usul Penegerian 106 Madrasah Swasta ke Kemenpan RB

Profesi guru yang dimaksud biasanya adalah guru honorer , yang mendapatkan gaji sangat sedikit sekali per bulannya. Lalu berapakah gaji guru TK baik untuk yang swasta maupun honorer?

Gaji Guru TK Swasta dan Honorer

Gaji Guru TK untuk swasta maupun honorer adalah disesuaikan dengan keputusan bersama dengan pemilik, umumnya mereka akan mendapatkan gaji sekitar Rp35.000 per hari. Sehingga untuk sebulannya bisa mendapat sekitar Rp910.000 per bulan dengan asumsi 26 hari kerja.

Baca juga: Keren! MIN 1 Kota Malang Setiap Tahun Raih Ribuan Prestasi Tingkat Nasional dan Internasional

Namun setiap daerah dan TK tentu memiliki kebijakan berbeda beda. Ada yang membayar bisa sampai Rp50 ribu per hari atau bahkan ada yang membayar kurang dari Rp500 ribu per bulan.

Karena semua tergantung dari banyak aspek, mulai dari jumlah siswa, daerah berdirinya TK, hingga kualitas dari sekolah tersebut.

Perlu Anda ketahui, gaji seorang guru jika bukan seorang PNS memang termasuk cukup mengkhawatirkan. Jadi jangan terlalu kaget bilamana pendapatan guru TK yang swasta maupun honorer mungkin jauh lebih kecil dari pendapatan seorang karyawan Alfamart.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1249 seconds (10.101#12.26)