SMA Kolese De Britto DIY, Sekolah Unik yang Bolehkan Siswa Gondrong dan Tak Berseragam

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 16:15 WIB
loading...
SMA Kolese De Britto DIY, Sekolah Unik yang Bolehkan Siswa Gondrong dan Tak Berseragam
Puluhan siswa SMA Kolese De Britto DIY, berfoto bersama. Sekolah ini unik karena membolehkan siswanya berambut gondrong dan tak pakai seragam. Foto/Ist
A A A
YOGYAKARTA - Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Kolese De Britto merupakan salah satu sekolah Katolik yang berdiri sejak tahun 1948 di Jalan Laksda Adisucipto 161, Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY.

Ada hal unik di sekolah ini, yakni membolehkan siswanya tidak berseragam dan berambut gondrong . Sekolah ini juga sudah meluluskan ribuan alumni yang saat ini menduduki posisi strategis baik di pemerintahan, parpol, parlemen, BUMN, swasta, dll.

Baca juga: Go Internasional, Siswa MAN 2 Kota Malang Belajar dengan Profesor Universitas Osaka Jepang

SMA Kolese De Britto memang menjadi salah satu sekolah favorit di DIY. Selama ini, SMA Kolese De Britto menjadi salah satu sekolah unik karena banyak siswanya yang gondrong dan hanya mengenakan seragam satu kali saja. Selebihnya siswa bebas mengenakan pakaian apa pun asal rapi.

"Siswa boleh berkaos asal berkerah dan boleh tidak memakai sepatu, tetapi bukan sandal jepit. Boleh sandal sepatu," ujar Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Jejaring SMA Kolese De Britto H J Sriyanto dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Pria yang akrab dipanggil Joyo ini mengatakan, saat ini sekolah mereka memiliki 890 siswa yang masing-masing terbagi dalam 5 kelas Matematika dan IPA (MIPA), 3 kelas IPS dan 1 kelas Bahasa. Mereka mengembangkan sistem pembelajaran yang lebih menekankan membentuk pemimpin pelayanan.

Baca juga: Pemerataan Pendidikan, Kemenag Usul Penegerian 106 Madrasah Swasta ke Kemenpan RB

SMA Kolese De Britto memang tidak terlalu ketat dalam aturan terkait dengan atribut menempel. Siswa boleh berambut panjang dan tidak mengenakan sepatu. Siswa boleh gondrong namun tidak boleh diberi warna rambut.

"Gimbal boleh, tetapi gimbal alami bukan gimbal buatan. Pokoknya asal alami maka diperbolehkan, termasuk gondrong mau sepanjang apa pun boleh," katanya.

Kebijakan tersebut bukan tanpa alasan. Karena SMA Kolese De Britto memiliki spirit kebebasan untuk menjadi pribadi yang bebas. Seragam, rambut gondrong sepatu itu hanya atribut hal utama dan bisa dipilih sejauh membantu sampai tujuan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2291 seconds (11.97#12.26)