Ingin Kuliah di Prancis? Info Ini Penting Untukmu

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 12:33 WIB
loading...
Ingin Kuliah di Prancis? Info Ini Penting Untukmu
Informasi penting bagi yang ingin melanjutkan kuliah ke Prancis. Foto/usnews.com.
A A A
JAKARTA - Berbicara mengenai studi lanjut, Prancis merupakan salah satu negara yang kerap menjadi rujukan mahasiswa internasional. Selain pendidikan dan basis penelitian berkualitas, Prancis dikenal dengan lingkungan yang aman dan menyenangkan.

Setelah negara-negara seperti Amerika, Inggris, dan Australia, mahasiswa internasional kerap memilih Prancis sebagai negara pilihan studi. Hal ini tentu ada dasarnya. Penanggung Jawab Campus France Yogyakarta, Andraine Arkenzi Febreinza mengungkapkan alasan di balik ramainya mahasiswa internasional yang kuliah di Prancis.

Baca juga: Mahasiswa FTUI Raih Penghargaan Frederick W. Mowrer Global Scholar Award

“Setelah negara-negara anglofon seperti Amerika, Inggris, dan Australia, Prancis jadi negara utama yang dituju oleh mahasiswa internasional. Kenapa bisa gitu? Karena Prancis punya banyak peneliti yang mendapatkan penghargaan internasional. Hal itu jadi satu bukti bahwa Prancis itu pendidikannya tidak diragukan lagi,” jelasnya, dikutip dari laman UNS, Sabtu (8/10/2022).

Dalam kegiatan yang dilakukan di Ruang Werkudara Gedung Ki Padmasusastra UPT Perpustakaan UNS tersebut, Andraine juga menjelaskan alasan lain untuk belajar di Prancis. Selain pendidikan dan penelitian yang berkualitas, lingkungan Prancis juga memadai untuk berinovasi bagi para wiraswasta muda. Lingkungan hidup di Prancis juga diklaim nyaman dan menyenangkan.

Alasan lain kuliah di Prancis adalah ada banyak destinasi wisata menarik bagi mahasiswa internasional. Gaya hidup ala Prancis juga menarik untuk diikuti. Selain itu, ada banyak industri maju dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di Prancis.

“Beberapa jurusan di Prancis juga tidak ada atau belum ada di Indonesia. Jadi ini salah satu keunikan kuliah di Prancis,” imbuh Andreine.

Pemerintah Prancis sangat membuka diri untuk mahasiswa internasional. Sistem pendidikan terkait lama studi hampir sama di Indonesia. Jenjang sarjana (License) memiliki durasi tiga tahun, jenjang master (S-2) berdurasi dua tahun, sedangkan doktor (Doctorat) berdurasi tiga tahun.

Baca juga: Universitas Esa Unggul Wisuda 1.548 Mahasiswa Secara Tatap Muka, Ini Pesan Rektor

Terkait biaya studi, Pemerintah Prancis menyubsidi 2/3 biaya pendidikan di universitas negeri per tahun untuk mahasiswa asing. Biaya studi untuk jenjang Master memerlukan biaya 3.770 euro per tahun, sedangkan doktorat hanya 380 euro per tahun di universitas negeri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)