Sekolah Ini Hadirkan Sistem Pendidikan Finlandia ke Indonesia

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 13:06 WIB
loading...
Sekolah Ini Hadirkan Sistem Pendidikan Finlandia ke Indonesia
CEO KIPINA Kids Indonesia Sudino Lim (tengah), petinggi dari KIPINA Worldwide, dan Lecture dari HAMK Hame University of Applied Science. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sistem pendidikan Finlandia telah dikenal sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Kurikulumnya mengutamakan pentingnya kebahagiaan pada anak sehingga banyak institusi pendidikan yang ingin mencontoh dan mengaplikasikannya termasuk di Indonesia.

Salah satunya institusi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berskala internasional, KIPINA Kids Indonesia yang menerapkan sistem pendidikan Finlandia. Sekolah yang berkiprah sejak 2020 ini menerapkan sistem pendidikan terbaik di dunia itu dan memperkayanya dengan muatan dan nilai lokal untuk memenuhi harapan keluarga Indonesia.

Baca juga: SMA Kolese De Britto DIY, Sekolah Unik yang Bolehkan Siswa Gondrong dan Tak Berseragam

CEO KIPINA Kids Indonesia Sudino Lim mengatakan, KIPINA hadir membawa visi untuk menciptakan sistem pendidikan yang menghasilkan anak-anak sebagai pembelajar sepanjang hayat yang berbahagia. Selama dua tahun terakhir, walaupun di situasi pandemi, KIPINA dapat berbagi sistem pendidikan ini dengan lebih dari 600 keluarga di Jabodetabek.

Yayasan Akademi Anak Indonesia (YAAI) yang menaungi KIPINA Kids Indonesia menghadirkan metode pendidikan yang mendukung transformasi ekosistem PAUD dengan menghadirkan kurikulum terbaik. Hal ini diwujudkan melalui desain lingkungan belajar yang positif dan kegiatan belajar mengajar.

Selain itu, KIPINA juga melakukan pengembangan profesi guru dengan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Finlandia serta melibatkan orang tua dan teknologi melalui aplikasi yang mudah digunakan untuk mendapatkan informasi perkembangan buah hati secara berkelanjutan.

Kipina telah hadir di Gading Serpong, Kelapa Gading, Kemang dan di Bekasi Kipina Kids Indonesia yang berlokasi di kawasan Summarecon Bekasi telah memulai kegiatan belajar mengajar di bulan Juli 2022 dan saat ini telah memiliki 80 murid.

“Ini menjadi awal mula yang sangat baik dan kami mengapresiasi Summarecon yang telah mendukung kehadiran KIPINA sehingga semakin menambah tersedianya fasilitas pendidikan berkualitas di kawasan Summarecon Bekasi.” tambah Sudino, melalui siaran pers, Sabtu (8/10/2022).

Baca juga: 3 Latihan Dasar untuk Meningkatkan IQ Anak, Orang Tua Wajib Mencobanya

Dalam kesempatan yang sama, Jeannine Laubner selaku Academic Director of KIPINA Worldwide mangatakan “Kurikulum pendidikan KIPINA memiliki enam area perkembangan, yakni literasi dan bahasa, numerasi, perkembangan fisik, perkembangan kognitif, kesadaran berbudaya dan satu area yang sangat dibutuhkan dunia saat ini yaitu perkembangan karakter dan keterampilan sosial. Kipina mengintegrasikan perkembangan karakter ke dalam sistem pendidikannya untuk menumbuhkan pribadi anak yang menghormati, berempati dan bertanggung jawab,” ungkapnya.

Peran tenaga pendidik menjadi sangat besar dalam menanamkan nilai karakter dan membentuk cara berpikir anak. Upaya tersebut dilakukan dengan membangun sistem pengembangan profesi pendidik secara internal. KIPINA mempersiapkan para pendidik muda Indonesia dan melengkapinya dengan pelatihan dari perguruan tinggi HAMK University of Applied Science dari Finlandia. Para pendidik ini secara berkelanjutan mendapatkan mentoring dari tim Finlandia agar mereka dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pendidikan anak usia dini.

Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial, KIPINA Kids Indonesia akan berbagi mengenai metode pendidikan dan pelatihan kepada para pendidik sebagai upaya meningkatkan kualitas PAUD sekaligus menciptakan peluang kerja. Ke depannya KIPINA berencana untuk berkolaborasi dengan instansi PAUD di Indonesia dalam mempersiapkan anak-anak Indonesia menuju generasi emas di 2045 yang cerdas, inovatif dan memiliki karakter kuat.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)