Bertandang ke MIT, Delegasi UI Bahas Riset Bidang Energi

Selasa, 11 Oktober 2022 - 08:27 WIB
loading...
Bertandang ke MIT, Delegasi UI Bahas Riset Bidang Energi
Deelegasi UI bertandang ke MIT untuk membahas kolaborasi riset bidang energi. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia ( UI ) dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) berencana untuk melakukan kolaborasi riset antara UI dengan MIT Energy Inititive (MITei). Delegasi UI pun bertandang untuk memenuhi undangan ke kampus nomor satu di dunia itu pada pekan lalu.

Delegasi UI diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris dan Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Heri Hermansyah pada pertemuan, Sabtu (8/10/2022) lalu.

Baca juga: Orasi Ilmiah di Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang, Sandiaga Dorong Wisudawan Ciptakan Lapangan Kerja

Delegasi UI diterima oleh pimpinan MITei antara lain Robert Stoner selaku Deputy Director for Science & Technology dan Lihong Duan selaku Director Asia Pasific Energy Partnership.

Pertemuan yang diselenggarakan di Kampus MIT Boston Amerika Serikat (AS) tersebut guna membahas detail rancangan skema pengiriman para peneliti UI untuk belajar mengenai energi di MIT, sekaligus memperkuat global engagement UI dengan universitas kelas dunia.

Berkenaan dengan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Kemdikbud, Prof. Haris turut mengusulkan peningkatan kuota peserta pertukaran mahasiswa UI untuk mengikuti student exchange ke kampus tersebut.

Baca juga: 2 Peneliti UI Raih Dana Riset UK-Indonesia Consortium For Interdisciplinary Sciences

Baik melalui skema Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) maupun program-program flagship bentukan UI. Ia juga mengajukan adanya kegiatan magang bersama industri yang dapat diikuti oleh kedua belah pihak.

Selain itu juga dibahas mengenai Global Executive Program (GEP) untuk para pemegang keputusan di industri maupun pemerintahan yang diselenggarakan melalui kerjasama UI dan MIT

Tak lupa, Prof. Haris menyapa para mahasiswa UI yang tengah mengikuti exchange ke Boston University dan berdiskusi tentang kelancaran studi mereka.

“Kalian adalah duta UI di kampus unggulan global, sekaligus bukti bahwa putra-putri terbaik Indonesia mampu bersaing dan bertahan di perguruan tinggi paling kompetitif di dunia. Kami bangga kepada kalian, Indonesia dan orang tua juga pasti demikian. Manfaatkan kesempatan belajar ini sebaik-baiknya,” pesannya, melalui keterangan tertulis, Selasa (11/10/2022).
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3212 seconds (0.1#10.140)