Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri Kembali Dibuka

Rabu, 12 Oktober 2022 - 12:21 WIB
loading...
Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri Kembali Dibuka
Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri kembali dibuka. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Beasiswa Indonesia Maju (BIM) program Persiapan S1 Luar Negeri kembali dibuka. Beasiswa untuk angkatan ke-13 yang diusung Kemendikbudristek bersama dengan LPDP ini dibuka pada 12 Oktober hingga 31 Oktober 2022.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek Suharti mengatakan, beasiswa ini akan diberikan kepada siswa jenjang SMA/SMK/MA/ sederajat berprestasi pada empat bidang yang diraih di tingkat nasional dan/atau internasional pada beberapa ajang kompetisi. Yaitu:

1.Sains, riset, dan teknologi informasi
2. Bidang seni, budaya, dan bahasa
3. Bidang olahraga dan kesehatan jasmani
4. Bidang vokasi dan kewirausahaan.

Baca juga: Tata Cara Lengkap Daftar Beasiswa Unggulan, Jangan Sampai Salah

Adapun peserta didik penerima beasiswa adalah peserta didik kelas XI jenjang SMA/SMK dan sederajat yang merupakan finalis atau pemenang dari lomba/kompetisi/festival tingkat nasional dan/atau internasional yang digelar tiga tahun terakhir oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), atau Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) maupun oleh lembaga/masyarakat di luar Puspresnas dan BPTI.

“Kami berharap nantinya alumni BIM dapat berkontribusi pada kemajuan Indonesia di sektor-sektor prioritas, baik dengan memegang peran strategis di institusi global maupun memimpin institusi dalam negeri agar dapat unggul di tingkat dunia,” tutur Suharti, melalui siaran pers, Rabu (12/10/2022).

Beasiswa Indonesia Maju ini merupakan inisiatif terobosan Kemendikbudristek untuk mendorong dan meningkatkan jumlah peserta didik Indonesia yang melanjutkan studi jenjang S1 di perguruan tinggi terbaik di dunia.

“Bagi adik-adik yang memperoleh kesempatan dalam program ini, harapan kami adalah tetap berprestasi di kancah dunia dan kembali ke Indonesia untuk membangun negeri,” pesan Suharti.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas Kemendikbudristek, yang juga sebagai Kepala BPTI, Asep Sukmayadi menyampaikan BIM hadir untuk menjawab tantangan dan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi peserta didik berprestasi untuk siap dalam meraih jenjang pendidikan tinggi khususnya di perguruan tinggi unggul dunia.

Asep berharap kepada peserta didik yang berkesempatan memperoleh beasiswa untuk menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. “Jangan lewatkan kesempatan bagus ini untuk menggapai mimpi adik-adik sekalian, teruslah mengukir prestasi dan memberikan kontribusi terbaik bagi keluarga, masyarakat, dan bangsa ini,” pesan Asep.

Baca juga: Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek 2022 Dibuka, Cek Syarat dan Link Pendaftaran

Beasiswa Indonesia Maju S1 Luar Negeri Angkatan 3 ini diberikan kepada siswa yang memenuhi syarat dan lolos seleksi administrasi. Selain itu, saat pendaftaran peserta didik juga wajib mengunggah tiga esai yang ditulis dalam bahasa Inggris. Selanjutnya, panitia akan melakukan seleksi administrasi, prestasi, substansi, dan wawancara hingga Desember 2022. Sebagai informasi, sebanyak 107 Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) terbaik di dunia telah dikurasi dan ditetapkan sebagai tujuan studi peserta didik penerima BIM.

Sementara itu, Rifky Bujana, salah satu penerima Beasiswa Indonesia Maju angkatan 1 mengatakan, dirinya merasa bangga dapat menerima beasiswa tersebut dan dapat membuktikan mimpinya untuk kuliah di luar negeri. “Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Mungkin suatu saat kita gagal dalam mencapai sesuatu, namun pasti ada saatnya kita mendapatkan sesuatu yang jauh lebih baik, yang belum pernah kita pikirkan sebelumnya,” ungkap Rifky.

Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai beasiswa ini dapat diperoleh melalui tautan https://bim-pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)