5 Jurusan Kuliah yang Dapat Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

Rabu, 12 Oktober 2022 - 15:38 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah yang Dapat Menjamin Masa Depan untuk Perempuan
Sedikitnya ada lima jurusan kuliah yang dapat menjamin masa depan untuk perempuan. Salah satunya ilmu keperawatan. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima jurusan kuliah yang dapat menjamin masa depan untuk perempuan . Berbicara tentang pemilihan program studi di universitas, sebagian besar mahasiswa tentu memikirkan prospek kerja dari jurusan tersebut terlebih dahulu.

Seiring waktu, mulai banyak muncul jurusan kuliah yang menawarkan banyak peluang kerja ke depannya. Tak hanya bagi kaum laki-laki, namun perempuan juga memiliki kesempatan yang sama.

Baca juga : 5 Jurusan Kuliah Tersulit, Berani Ambil?

Berikut beberapa jurusan kuliah yang dapat menjamin masa depan untuk perempuan.

1. Ilmu Keperawatan

Dalam riwayatnya, jurusan Ilmu Keperawatan selalu didominasi oleh kaum perempuan. Selain memiliki prospek yang cukup bagus, para lulusannya pun selalu hampir dibutuhkan setiap tahunnya.

Dikutip dari pemberitaan Sindonews, meski memiliki banyak peluang kerja bagus, namun untuk menjadi seorang perawat tidaklah mudah. Tak hanya kemampuan beradaptasi cepat serta komunikasi yang bagus, mereka juga harus sabar dan telaten.

Biasanya, mahasiswa jurusan ini akan belajar tentang Ilmu Biomedik dasar yang menjadi landasan bagi keperawatan. Selain itu, ada juga berbagai topik yang harus bisa dikuasai seperti keperawatan jiwa, keperawatan medikal bedah, keperawatan kritis, keperawatan anak, dan masih banyak lainnya.

Setelah lulus, para alumni jurusan keperawatan bisa bekerja di klinik kesehatan, puskesmas, rumah sakit, atau layanan home care sejenisnya. Saat ini, jurusan keperawatan juga sudah banyak tersedia di berbagai universitas baik negeri, maupun swasta.

2. Teknik Informatika

Meski cukup identik dengan laki-laki, namun Teknik Informatika juga bisa menjadi pilihan bagi perempuan. Melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih seiring waktu, prospek kerja dari lulusan ini kedepannya terbilang cukup terang.

Dikutip dari pemberitaan Sindonews, para mahasiswa Teknik Informatika akan belajar banyak hal terkait pemanfaatan teknologi komputer. Di antaranya adalah perancangan atau pengembangan perangkat lunak, pemrograman web, keamanan informasi dan jaringan, hingga komputasi numerik.

Untuk prospeknya sendiri, lulusan Teknik Informatika bisa menjadi seorang Web Development atau Software Engineer yang disinyalir memiliki gaji yang lumayan besar bagi pemulanya.

Baca juga : 5 Jurusan Kuliah dengan Biaya Paling Mahal

3. Psikologi

Dari sekian banyak jurusan yang dibuka berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, Psikologi menjadi salah satu yang paling banyak diminati. Hal ini tentu tak lepas dari prospek kerja yang terbilang cukup bagus untuk ke depannya.

Secara umum, jurusan Psikologi mungkin dikenal mempelajari tentang tingkah laku manusia atau gangguan mental yang dialami mereka. Sedangkan untuk peluang kerja bagi lulusannya biasanya adalah menjadi Psikolog atau HRD.

Akan tetapi, selain itu para alumni Psikologi juga dapat bekerja di bidang lainnya. Sebut saja seperti UX Researcher hingga Geropsychologist.

4. Teknologi Pangan

Jurusan kuliah yang menjamin masa depan untuk perempuan berikutnya adalah Teknologi Pangan. Meski tidak sepopuler beberapa jurusan di atas, namun program studi ini juga memiliki peluang karier yang bagus di masa depan.

Dikutip dari pemberitaan Sindonews, para mahasiswa Teknologi Pangan belajar tentang produksi makanan serta memastikan produknya sudah sesuai standar gizi dan aman dikonsumsi.

Melihat perkembangannya, industri makanan setiap tahunnya selalu bertambah dengan pesat. Hal ini menjadi peluang cukup bagi lulusan Teknologi Pangan yang bisa bekerja sebagai Quality Control, pengembangan produk perusahaan, ataupun menjadi konsultan gizinya.

5. Sastra

Ilmu Sastra merupakan salah satu bidang keilmuan yang memiliki cakupan luas. Tak hanya berkutat pada pemahaman bahasa terkait atau sekadar membuat puisi, jurusan ini banyak mempelajari bidang lain yang relevan dengannya.

Sebut saja seperti Sosiologi Sastra, Psikologi Sastra, Antropologi Sastra, dan lain sebagainya. Selain itu, jika melihat prospek ke depannya, para lulusan Sastra juga berpeluang menjajaki berbagai sektor pekerjaan.

Salah satunya adalah penulis atau pengarang. Jika dicermati, cukup banyak para penulis muda yang telah berhasil merilis karya-karyanya dan diluncurkan berbagai penerbit.

Selain itu, jika ingin menjadi dosen, mereka bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 atau bisa juga mengambil profesi guru apabila ingin menjadi pengajar.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2580 seconds (0.1#10.140)