Ukrida dan GKI Sinode Jabar Kolaborasi Gelar Kegiatan Bina Pendeta

Kamis, 13 Oktober 2022 - 14:37 WIB
loading...
Ukrida dan GKI Sinode Jabar Kolaborasi Gelar Kegiatan Bina Pendeta
Kolaborasi Ukrida dan GKI Sinode Wilayah Jawa Barat dalam menggelar kegiatan Bina Pendeta. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Universitas Kristen Krida Wacana ( Ukrida ) memfasilitasi kegiatan Bina Pendeta Gereja Kristen Indonesia (GKI) di lingkup Sinode wilayah Jawa Barat. Diketahui, sejarah pendirian Ukrida memang tidak terpisahkan dari peran GKI, dalam hal ini GKI Jawa Barat.

Adanya dorongan kuat untuk menghadirkan pendidikan tinggi saat itu juga merupakan kerja sama yang terus dikembangkan sebagai wujud kesaksian dan pelayanan. Karena itu selayaknya tercipta jalinan kerja sama yang saling mendukung melalui peran masing-masing.

29 orang pendeta ikut serta dalam kegiatan yang berlangsung pada Senin, 10 Oktober 2022. Kepala Unit Protokoler Ukrida, sekaligus Koordinator Pelaksana Kegiatan Dewi Kumalasari menyampaikan, para peserta adalah para pendeta dengan masa pelayanan 6 sampai 12 tahun di GKI lingkup Sinode Wilayah Jawa Barat.

Baca juga: 30 Jurusan SMK Paling Diminati, Lulus Bisa Langsung Kerja

Sesi awal disampaikan paparan tentang Financial Planning (Perencanaan Keuangan) oleh Sekretaris Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ukrida Fredella Colline. “Akan lebih baik jika setiap orang, termasuk para pendeta, memiliki pengelolaan keuangan yang terencana dan terintegrasi guna memenuhi kebutuhan hidupnya,” ujar Fredella, melalui keterangan tertulis, Kamis (13/10/2022).

Membicarakan masalah keuangan bukanlah hal yang tabu, karena setiap orang ingin memiliki asset, seperti rumah, kendaraan, memenuhi kebutuhan sekolah anak, memiliki dana yang cukup saat memasuki pensiun, bahkan berinvestasi.

Selain itu, ditekankan pula di setiap tahap hidup manusia pasti memerlukan uang, sehingga perlu merencanakan pengelolaan keuangan sejak dini, terutama saat memasuki purna tugas, dimana pendapatan akan menurun tetapi pengeluaran bisa saja meningkat karena kondisi kesehatan yang menurun.

Rektor Ukrida, Dr. dr. Wani Devita Gunardi sangat mengapresiasi kegiatan Bina Pendeta ini. Menurutnya, GKI ikut berperan mewartakan Ukrida sebagai kampus dengan keunggulan pada pendidikan karakter dalam kehidupan sivitas akademikanya.
Dukungan Ukrida kepada GKI juga terwujud melalui pemberian beasiswa bagi anak jemaat GKI, beasiswa Klasis dan beasiswa bagi anak pendeta, untuk Fakultas Non Kedokteran. Sejumlah 113 orang mahasiswa telah menerima beasiswa Klasis untuk tahun akademik 2021/2022, sedangkan beasiswa Klasis sudah dimulai sejak 2007.

Baca juga: Hadiri Wisuda Putrinya, Andika Perkasa Beri Wejangan ke Dokter Baru Lulusan UGM

Direktur Rumah Sakit Ukrida dr. Eka Widrian Suraji, sangat mengapresiasi kegiatan Bina Pendeta ini, terlebih RS Ukrida ikut memfasilitasi sarana dan pemeriksaan kesehatan, sebagai salah satu upaya memperkenalkan pelayanan. Selanjutnya, dr. Eka berharap melalui kegiatan ini, jemaat GKI mengenal keberadaan RS Ukrida sebagai bagian pelayanan, selain dapat menjaga komunikasi yang baik antara jemaat GKI dengan RS Ukrida.

Dia mengatakan, sudah dimulai proses penjajakan untuk pelayanan kesehatan bagi para pendeta dan majelis GKI, yang ke depannya akan berkolaborasi dengan FKIK Ukrida. “RS Ukrida memang belum terlalu lama memulai kiprahnya, tetapi berkomitmen untuk terus berproses agar menjadi lebih baik,” katanya.

Pendeta Darwin Darmawan yang ditemui di sela-sela kegiatan mengatakan bahwa dalam pemandangan umum Badan Pekerja Majelis Sinode Wilayah (BPMSW) GKI 2023-2025, menjadikan Ecclesia Schola sebagai slah satu arah atau fokus pelayanan.

“Secara sederhana, BPMS GKI Sinode Wilayah Jabar melihat lembaga pendidikan di dalam naungan GKI Sinode Wilayah Jabar adalah sebagai Gereja. Dalam konteks Ukrida, adalah sebagai wujud Gereja yang menghadirkan Tuhan sehingga bisa dirasakan oleh seluruh sivitas akademika, serta melakukan setiap pekerjaan seperti ibadah kepada Tuhan,” pungkasnya.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2234 seconds (10.177#12.26)