30 Jurusan SMK Paling Diminati, Lulus Bisa Langsung Kerja

Kamis, 13 Oktober 2022 - 09:23 WIB
loading...
30 Jurusan SMK Paling Diminati, Lulus Bisa Langsung Kerja
30 jurusan SMK yang paling diminati dan lulus bisa langsung bekerja. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - 30 jurusan SMK ini disebut sebagai yang paling diminati dan juga memiliki peluang kerja menjanjikan bagi para lulusannya. Pilihannya beragam mulai dari bekerja di perkantoran, fasilitas kesehatan, bahkan kerja di kapal.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab SMK memiliki sejumlah bidang keahlian yang biasanya menyesuaikan dengan kebutuhan industri dan ketersediaan lapangan pekerjaan hingga akhirnya lulusannya pun cepat terserap dunia kerja.

Oleh karena itu, bagi kalian yang setelah lulus sekolah menengah mau langsung kerja, kalian bisa memilih untuk melanjutkan ke SMK yang memiliki beragam jenis keahlian untuk bisa kalian pilih sesuai minat dan bakat.

Dikutip dari laman Ruangguru, berikut ini 30 jurusan SMK paling diminati dan memiliki prospek karier dan gaji yang menjanjikan untuk masa depan kalian.

1. Administrasi Perkantoran

Jurusan ini akan belajar seputar administrasi di lingkungan perkantoran, misalnya tentang penataan surat menyurat, pengetikan dokumen, hingga pengelolaan arsip-arsip penting di kantor. Prospek kariernya luas, misalnya sebagai sekretaris, petugas administrasi, kearsipan, resepsionis, dan masih banyak lagi.

2. Akuntansi

Jurusan SMK yang paling banyak dicari pastinya adalah jurusan Akuntansi. Berbagai bentuk transaksi keuangan, mulai dari mencatat, mengelola, mengelompokkan dan menyajikan data akan dipelajari. Peluang kerjanya di berbagai perusahaan besar sebagai staff bidang akuntansi, perbankan, internal auditor, dan sebagainya.

3. Analis Kimia

Analis Kimia adalah salah satu jurusan di SMK yang paling banyak dicari di dunia kerja. Kalian akan belajar banyak seputar laboratorium kimia, alat industri kimia, operasi teknik kimia, dan sebagainya. Prospek kerjanya pun beragam mulai dari staff laboratorium, analis mikrobiologi, research and development, hingga quality control di berbagai perusahaan.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)