Unesa Berhasil Masuk Peringkat 601 Dunia THE Impact Rankings 2022

Kamis, 13 Oktober 2022 - 14:58 WIB
loading...
Unesa Berhasil Masuk Peringkat 601 Dunia THE Impact Rankings 2022
Unesa berhasil masuk peringkat 601 dunia versi THE Impact Ranking 2022. Foto/Dok/Unesa.
A A A
JAKARTA - Rekognisi dari dunia internasional menjadi salah satu ukuran kualitas perguruan tinggi. Dalam hal ini, Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ) berhasil menduduki peringkat 601-800 dunia melalui pemeringkatan The Times Higher Education ( THE ) Impact Rankings 2022.

THE Impact Rankings merupakan pemeringkatan perguruan tinggi di seluruh dunia yang menilai kinerja atau dampak universitas terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB.

Ketua Satuan Klasterisasi dan Pemeringkatan Unesa Nadi Suprapto mengatakan, capaian Unesa ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi kampus ‘Satu Langkah di Depan’ tersebut.

Baca juga: Yudi Hamka Berbagi Pengalaman dan Etos Kerja dengan Mahasiswa MNC University

Dia menjelaskan, Impact Ranking ini mengacu pada program SDGs yang terdiri atas satu sampai 17 poin. Unesa mengikuti beberapa SDGs dengan tiga unggulan yaitu No Poverty, Quality Education dan Gender Equality.

“Unesa berpartisipasi dalam pemeringkatan skala dunia ini mulai tahun 2022 ini. Kita mulai bangkit mengikuti pemeringkatan dan meraih posisi 14 nasional atau 600an dunia,” katanya, dikutip dari laman Unesa, Kamis (13/10/2022).

Capaian ini, lanjutnya, menjadi motivasi bagi Unesa untuk terus meningkatkan peringkat ke depannya. Dikatakan Nadi, tahun depan ‘Kampusnya Para Juara’ akan tambah kategori SDGs yang diikuti termasuk bidang pertumbuhan ekonomi (Decent Work and Economic Growth), dan Climate Action.

Baca juga: Mahasiswa MNC University Diminta Jadi Kreator Teknologi

Tentunya, Unesa juga tetap akan meningkatkan dan mengikuti SDGs–SDGs lainnya yang sebelumnya sudah diikuti seperti No Poverty, Quality Education, Gender Equality, Good Health and Well being, Reduced Inequalities, Peace Justice and Strong Institutions, dan Partnership for The Goals.

Selama tahun 2022 sendiri, Unesa berhasil mengantongi berbagai prestasi dalam bidang pemeringkatan baik secara nasional maupun internasional, di antaranya peringkat 18 nasional versi World University Rankings, Peringkat 14 nasional dan 601-800 dunia versi THE Impact Ranking, dan peringkat 16 nasional dan 750 Asia versi Asian University Ranking.

Ke depan, perlu adanya upaya dan strategi ampuh untuk dapat meningkatkan pemeringkatan perguruan tinggi Unesa. Butuh kerja sama dan koordinasi lintas lembaga yang ada di Unesa. Selain itu memperbanyak giat seminar, lokakarya, workshop maupun berbagai pendampingan pemeringkatan dunia. “Semoga ke depan, kita (Unesa, red) bisa naik peringkat, tambah prestasi pemeringkatan lebih dari tahun ini,” harapnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)