Sekolah Kedinasan di NTT, Referensi untuk Lanjut Studi

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 10:18 WIB
loading...
Sekolah Kedinasan di NTT, Referensi untuk Lanjut Studi
Sekolah kedinasan di NTT untuk referensi melanjutkan studi di perguruan tinggi. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Sekolah kedinasan yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa menjadi referensi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. Perguruan tinggi milik pemerintah ini bisa dipilih sesuai minat dan bakat masing-masing.

Biasanya lulusan SMA dan sederajat yang ingin melanjutkan studinya memilih perguruan tinggi negeri atau kampus swasta yang banyak tersebar di Tanah Air.

Padahal selain PTN ataupun PTS juga ada perguruan tinggi kedinasan yang memiliki beragam jurusan. Mulai dari ilmu pemerintahan, keuangan, transportasi, kesehatan, hingga kelautan.

Sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi di bawah naungan kementerian yang menempa mahasiswanya di jurusan kuliah pada bidang spesifik tertentu. Sekolah kedinasan terbagi dua yakni dengan ikatan dinas dan non kedinasan.

Baca juga: 18 Universitas Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2023, UI, Unair, ITB Top 3

Sekolah kedinasan banyak tersebar di seluruh Indonesia. Tidak terkecuali di Nusa Tenggara Timur (NTT). Bagi kalian yang ingin kuliah di provinsi yang terkenal dengan keindahan alamnya ini, berikut dua sekolah kedinasan yang berlokasi di sana.

1. Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang

Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang (Poltekkes Kemenkes Kupang) berada di Jalan Piet A. Tallo, Kupang. Merupakan sekolah kedinasan milik Kementerian Kesehatan yang menyelenggarakan program pendidikan Diploma III bidang kesehatan.

Dikutip dari laman resminya, Poltekkes Kemenkes Kupang memiliki sembilan program studi yang bisa dipilih calon mahasiswa baru untuk memenuhi kebutuhan SDM di bidang pelayanan kesehatan. Yaitu:

1. Prodi Keperawatan Kupang
2. Prodi Kesehatan Lingkungan 3. Prodi Kebidanan
4. Prodi Farmasi
5. Prodi Kesehatan Gigi
6. Prodi Gizi
7. Prodi Keperawatan Ende
8. Prodi Keperawatan Waingapu 9. Prodi Analis Kesehatan.

Baca juga: 28 Kampus Terbaik di Indonesia Menurut THE Impact Rankings 2022

2. Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang

Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang (Politeknik KP Kupang) adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang kelautan dan perikanan di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan, di bawah pembinaan Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan.

Dikutip dari laman resminya, Politeknik KP Kupang berlokasi di Jalan Kampung Baru Pelabuhan Ferry, Bolok, Kupang, dan memiliki tiga program studi Diploma III yang tersedia untuk calon mahasiswa baru yang tertarik berkarier di bidang kelautan dan perikanan dengan kompetensi tinggi. Yaitu:

1. DIII Teknik Penangkapan Ikan
2. DIII Mekanisasi Perikanan
3. DIII Teknik Budidaya Perikanan.

Demikian tadi dua sekolah kedinasan yang berada di Nusa Tenggara Timur. Semoga informasi ini bermanfaat ya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)