Empat Peran Mahasiswa dalam Menghadapi Bonus Demografi

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 15:33 WIB
loading...
Empat Peran Mahasiswa dalam Menghadapi Bonus Demografi
Empat peran mahasiswa dalam menghadapi bonus demografi. Foto/Dok/Kalbis Institute.
A A A
JAKARTA - Bonus demografi akan dialami Indonesia pada 2045. Mahasiswa saat ini pun juga harus mempersiapkan diri untuk bersaing menuju generasi emas 2045 mendatang.

Bonus demografi menjadi tantangan sekaligus peluang bagi Indonesia. Seperti yang diketahui, Indonesia akan menyentuh umur 100 tahun pada 2045. 2045 disebut sebagai pintu demografi yakni fase di mana jumlah usia produktif (usia 15-64 tahun) akan lebih besar dibanding jumlah penduduk yang tidak produktif (di bawah 14 tahun atau di atas 65 tahun).

Hal ini yang menjadikan tantangan bagi Indonesia, karena melimpahnya jumlah penduduk usia produktif atau usia kerja tentunya akan menguntungkan Indonesia dari segi pembangunan sehingga akan memicu pertumbuhan ekonomi yang pesat.

Namun bonus demografi juga menjadi sebuah peluang bagi Indoensia sebagai momentum untuk bangkit menuju negara maju. Sebagai mahasiswa, juga harus bisa mengambil peran untuk menghadapi bonus demografi ini.

Baca juga: Pentingnya Tiga Langkah Ini untuk Fresh Graduate Memulai Karier

Lalu, apa saja yang harus dilakukan mahasiswa? Dikutip dari Instagram Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek, berikut ini empat peranan mahasiswa dalam menghadapi bonus demografi.

1. Memiliki keahlian sesuai kebutuhan industri

Semakin ketatnya persaingan antar pencari kerja, mahasiswa diharapkan dapat memiliki keahlian sesuai dengan kebutuhan industri. Mahasiswa dapat mengasah kemampuannya melalui pelatihan/kursus atau mengikuti program magang di industri.

2. Menjadi wirausahawan

Pada usia produktifnya, mahasiswa diharapkan tidak lagi hanya menjadi pencari kerja saja, tetapi dapat memiliki bisnis yang membuka lapangan pekerjaan dan dapat bersaing secara global.

3. Pahami potensi diri
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2975 seconds (0.1#10.140)