Penuhi Kebutuhan Anak, Orang Tua Siswa Dibekali Ilmu Parenting

Senin, 17 Oktober 2022 - 16:24 WIB
loading...
Penuhi Kebutuhan Anak, Orang Tua Siswa Dibekali Ilmu Parenting
Parents School Program kembali digelar pada 2022. Pelatihan model-model pengasuhan anak yang baik ini diikuti oleh 360 peserta yang berasal dari 12 sekolah. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Parents School Program kembali digelar pada 2022. Pelatihan model-model pengasuhan anak yang baik ini diikuti oleh 360 peserta yang berasal dari 12 sekolah.

CEO Nice Indonesia, Dasril Guntara menjelaskan, Parents School Program telah digelar sejak Juli dan berakhir Oktober pekan lalu di sekolah-sekolah yang telah dipilih. Masing-masing SMP Qur'an As-Salaam Bogor, Sekolah Al Kautsar Bogor, SIT Al Hikmah Depok, SMP Islam Plus Baitul Maal Tangerang, Sekolah Ummu’l Quro Depok. Kemudian SMPIT Al Iman Bogor, Sekolah Smart Cibinong, SMPIT Nurul Fikri Depok, SMP Negeri 12 Depok, SMPIT Insan Mandiri Parung, SMAIT At Taufiq Bogor dan SMP Islam Al Irsyad Bogor.

"Tujuan dari program ini memahami bagaimana otak anak-anak berkembang dalam konteks hubungan anak dengan orang tua. Selanjutnya adalah memberikan edukasi tentang bagaimana cara berkomunikasi secara efektif dengan anak dan juga mendorong perkembangan dan perilaku positif pada anak," kata Dasril Guntara dalam keterangan tertulisnya, Senin (17/10/2022).

Menurutnya, Parents School Pragram didasarkan pendekatan dari aspek kebutuhan anak untuk memenuhi hak, kebutuhan, dan kepribadiannya. Pelatihan parenting yang digelar di Indonesia, Kirgystan, dan Tanzania ini bertujuan untuk mempromosikan kesejahteraan anak-anak dan remaja dengan meningkatkan keterampilan orang tua dalam praktik pengasuhan yang positif.

Pada tahun 2021, program serupa juga digelar dan diikuti 360 peserta dari 12 sekolah. Masing-masing Sekolah SMPIT Latansa, SMPIT Cordova, SMP Muhammadiyah 33, Sekolah Islam Sinar Cendikia, SMP Alam Indonesia, SMP Islam Al Syukro Universal, SMPIT Nurul Fikri Boarding School Bogor, Sekolah Alam Qur’an Cendekia Bogor, SMP SMART Ekselensia Indonesia Parung, SMP Darul Quran Mulia, MTS IGBS Darul Marhamah, dan SMPIT Kaifa Bogor.

Dasril berharap pelatihan yang telah diberikan kepada 24 sekolah memberikan dampak kepada peningkatan kualitas sekolah dan pendidikan di Indonesia. NICE Indonesia juga berharap program ini tidak berhenti hanya di 24 sekolah tapi bisa dilaksanakan di semua sekolah Indonesia.

Para orang tua yang menjadi peserta Parents School Program menyampaikan terima kasih kepada NICE Indonesia.

"Alhamdulillah hari ini saya telah mengikuti pelatihan parenting, banyak sekali ilmu yang saya dapatkan dari pelatihan ini, ternyata menjadi ayah bunda harus selalu belajar, dengan adanya kegiatan ini mengingatkan saya untuk melakukan yang terbaik untuk anak anak saya. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan sangat beruntung sekali mendapatkan pelatihan ini, mudah-mudahan pelatihan ini dapat dibuat rutin," kata Wahyuningtyas, orang tua yang anaknya bersekolah di SMPIT Insan Mandiri Parung.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1944 seconds (0.1#10.140)