Otot Kawat Tulang Besi Gatot Kaca Jadi Inspirasi Mahasiswa UI Rancang Gedung Tahan Gempa

Selasa, 18 Oktober 2022 - 13:23 WIB
loading...
Otot Kawat Tulang Besi Gatot Kaca Jadi Inspirasi Mahasiswa UI Rancang Gedung Tahan Gempa
11 mahasiswa FTUI merancang Gatot Tower, gedung 19 lantai yang digadang memiliki efisiensi revenue dan performa seismic yang sangat tinggi. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Gatot Kaca merupakan salah satu tokoh pewayangan yang paling dikenal masyarakat Indonesia dan dijuluki otot kawat tulang besi.

Hal inilah yang menginspirasi 11 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia ( FTUI ) dalam merancang Gatot Tower, gedung 19 lantai yang digadang memiliki efisiensi revenue dan performa seismic yang sangat tinggi.



Desain Gatot Tower mengantarkan tim FTUI masuk 10 besar dan raih best poster pada ajang EERI Seismic Design Competition yang diselenggarakan di Salt Lake City, Utah, USA.

“Tantangan dalam kompetisi ini adalah merancang bangungan tinggi yang mampu bertahan dari gempa. Selain memperkuat konsep struktur desain Gatot Tower, tim kami juga memasukkan unsur kearifan lokal Indonesia dan Salt Lake City pada arsitektur bangunan," ujar ketua tim FTUI, James Andrean Noel dalam keterangan pers, Selasa (18/10/2022).

"Kami mengambil inspirasi dari desain rumah panggung Indonesia dan karakteristik bangunan cliff dwelling Salt Lake City dalam perancangan Gatot Tower,” tambahnya.



Bersama dengan James, Tim FTUI lainnya terdiri atas mahasiswa Departemen Teknik Sipil dan Departemen Arsitektur FTUI angkatan 2019, yaitu Fahmi Katab, Naufal Budi, Ferdinand Trestanto, Michael Loreantz, Kanaya Diva, Eric Renaldy, Gagas Wicaksana, Juan Fidel, Adinda Khairunnisa, dan James Paul Arthur.

Dalam perancangan Gatot Tower, tim FTUI dibimbing oleh dosen dan guru besar FTUI, Dr. -Ing. Josia Irwan Rastandi, S.T., M.T. dan Prof. Ir. Widjojo A. Prakoso, M.Sc., PhD., G. Eng.

“Struktur bangunan Gatot Tower juga dirancang dengan area inverted yang menjadi keunikan desain tersendiri. Dari segi ekonomi, bangunan ini memiliki efisiensi antara revenue dan performa seismic yang sangat tinggi. Dibandingkan pada rata rata bangunan di USA yang hanya 80% efisiensi revenue-nya, Gatot Tower terbukti memiliki efisiensi revenue lebih dari 95%,” kata Naufal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4112 seconds (0.1#10.140)