Otot Kawat Tulang Besi Gatot Kaca Jadi Inspirasi Mahasiswa UI Rancang Gedung Tahan Gempa

Selasa, 18 Oktober 2022 - 13:23 WIB
loading...
A A A
Dari segi kekuatan struktural, bangunan Gatot Tower menggunakan material balsa, teknologi shear wall serta dinding geser untuk meningkatkan kemampuan performa seismik.

Bangunan Gatot Tower mampu menahan gempa berdasarkan data ground motion yang dihasilkan saat dilakukan pengujian menggunakan meja getar di hadapan dewan juri di Salt Lake City. Gedung rancangan tim FTUI ini mampu bertahan menghadapi gempa hingga 5.5 SR.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU menyampaikan apresiasinya atas prestasi yang telah diraih tim mahasiswa FTUI pada kompetisi yang berlangsung pada 1-3 Juli 2022.

“Terbukti bahwa kolaborasi dan teamwork yang unggul antara teknik sipil dan arsitektur dapat menghasilkan inovasi rancang gedung yang baik. Saya berharap inovasi ini dapat diimplementasikan pada daerah-daerah rawan gempa di Indonesia.

Inovasi pemecahan masalah karya anak bangsa perlu mendapatkan perhatian dan dukungan penuh dari semua pihak untuk dapat terus dikembangkan agar berdampak bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” ujarnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2710 seconds (0.1#10.140)