4 Jurusan Kedokteran Gigi Terbaik di Dunia, 2 di Antaranya Berada di Asia

Selasa, 18 Oktober 2022 - 13:50 WIB
loading...
4 Jurusan Kedokteran Gigi Terbaik di Dunia, 2 di Antaranya Berada di Asia
Institut Karolinska merupakan sebuah universitas kedokteran terkemuka di dunia yang terletak di kota Stockholm, Swedia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Salah satu cara terbaik untuk memperdalam pengetahuan kedokteran gigi adalah dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.

Kedokteran Gigi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari mengenai pencegahan dan perawatan penyakit atau kelainan pada gigi dan mulut melalui tindakan tanpa atau dengan pembedahan. Seseorang yang mempelajari serta mempraktikkan ilmu kedokteran gigi tersebut disebut sebagai dokter gigi.

Baca juga: UGM Ukir Prestasi di Lomba Mobil Hemat Energi Shell Eco Marathon

Seorang calon dokter gigi melakukan sebuah praktik kedokteran gigi umum meliputi tindakan preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif terhadap kondisi gigi dan mulut individu ataupun masyarakat.

Tindakan perawatan yang dapat dilakukan oleh seorang dokter gigi umum antara lain penambalan gigi berlubang, pembersihan karang gigi, pencabutan gigi, pembuatan gigi tiruan, dan merapikan gigi dengan alat ortodonsia lepasan.

Seorang dokter gigi sering kali menggunakan sinar-x dalam mendiagnosa seorang pasien. Untuk dapat menangani kasus-kasus yang lebih sulit dan komprehensif, dokter gigi dapat melanjutkan Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis untuk mendapatkan gelar dokter gigi spesialis tersebut.

Baca juga: Mahasiswa Undip Raih Juara 1 Pilmapres Nasional, Ini Profilnya

Berikut daftar jurusan kedokteran gigi terbaik di dunia, antara lain:

1. Karolinska Institutet - Solna, Swedia

Institut Karolinska merupakan sebuah universitas kedokteran terkemuka di dunia yang terletak di kota Stockholm, Swedia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3547 seconds (11.97#12.26)