Intip Empat Perpustakaan Kampus di Indonesia, Mana yang Terbaik?

Rabu, 19 Oktober 2022 - 11:23 WIB
loading...
Intip Empat Perpustakaan Kampus di Indonesia, Mana yang Terbaik?
Perpustakaan Universitas Indonesia memiliki luas 33.000 meter persegi dan 3-5 juta buku. Foto/Humas UI.
A A A
JAKARTA - Perguruan tinggi memiliki perpustakaan untuk menunjang pembelajaran para civitas akademikanya. Dengan koleksi lengkap dan layanan bermutu perpustakaan pun akan bisa meningkatkan citra kampus tersebut.

Perpustakaan tidak hanya menjadi sumber belajar, namun perpustakaan di perguruan tinggi akan bisa menunjang penelitian serta pengembangan ilmu pengetahuan civitas akademika di sebuah perguruan tinggi.

Untuk mahasiswa, dengan adanya perpustakaan maka mereka ke kampus tidak hanya untuk mengikuti kuliah tatap muka dengan dosen namun juga bisa menghabiskan waktu untuk belajar di perpustakaan.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Surakarta akan Buka Cabang di Korsel

Namun untuk menjadikan perpustakaan sebagai sumber belajar yang baik untuk mahasiswa, diperlukan koleksi bahan ajar yang lengkap. Selain itu juga tempat dan tata ruang yang nyaman sehingga mahasiswa pun betah belajar di perpustakaan.

Dikutip dari Instagram Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek @ditjen.dikti, berikut ini empat perpustakaan yang ada di kampus-kampus Indonesia.

1. Universitas Indonesia

Perpustakaan yang dijuluki Crystal of Knowledge ini telah meraih akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (LAP-N RI). Perpustakaan Universitas Indonesia juga merupakan salah satu perpustakaan terbesar di Indonesia dengan luas 33.000 meter persegi dengan koleksi 3-5 juta buku.

2. Institut Teknologi Bandung

Perpustakaan Institut Teknologi Bandung berdiri pada 1920 bersamaan dengan lahirnya Technische Hoogeschool (ITB) pada masa Hindia Belanda. Perpustakaan ITB memiliki 270.000 koleksi buku serta berbagai jurnal baik fisik maupun elektronik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)