3 Platform Kemendikbudristek yang Bisa Diakses Akun Pembelajaran

Kamis, 20 Oktober 2022 - 16:51 WIB
loading...
3 Platform Kemendikbudristek yang Bisa Diakses Akun Pembelajaran
Ada 3 platform Kemendikbudristek yang bisa diakses dengan Akun Pembelajaran. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Akun Pembelajaran atau akun belajar .id merupakan fasilitas yang diberikan kepada siswa, guru , dan tenaga pendidik untuk kebutuhan belajar mengajar. Akun Pembelajaran ini bisa untuk mengakses tiga platform yang disediakan Kemendikbudristek.

Beragam aplikasi yang disediakan ini akan memudahkan berbagai satuan pendidikan untuk kegiatan belajar mengajar. Baik itu pembelajaran secara tatap muka ataupun jarak jauh.

Untuk mendapatkan akun belajar.id pun caranya cukup mudah. Yakni dengan membuka laman https://belajar/id untuk memeriksa ketersediaan akun. Kemudian masukkan data diri seperti nama lengkap, jenis pengguna, tanggal lahir, dan NPSN.

Lalu apa saja platform yang bisa diakses dengan Akun Pembelajaran tersebut? Dikutip dari laman Direktorat SMP Kemendikbudristek, ini platform yang dimaksud.

Baca juga: Jelang Hari Santri, RMI Gelar Grand Final Musabaqoh Syarh Qawa'id Fiqhiyyah di PBNU

1. Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar diluncurkan Kemendikbudristek pada Merdeka Belajar Episode ke-15. Tujuan dari Platform Merdeka Mengajar adalah sebagai sebagai platform edukasi yang menjadi teman penggerak guru dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila untuk mendukung guru dalam mengajar, belajar dan berkarya lebih baik lagi. Kalian dapat mengakses aplikasi Platform Merdeka Mengajar dengan menggunakan Akun belajar.id milik masing-masing.

2. Rapor Pendidikan

Selain Platform Merdeka Mengajar, Kemendikbudristek juga telah meluncurkan Rapor Pendidikan pada Merdeka Belajar Episode ke-19. Rapor Pendidikan menyajikan sejumlah data yang berasal dari Asesmen Nasional dan data lainnya. Tujuan dari Rapor Pendidikan ini digunakan sebagai acuan evaluasi mutu pendidikan, perencanaan berbasis data, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan baik untuk satuan pendidikan, kab/kota, provinsi maupun pusat. Agar dapat mengakses Platform Rapor Pendidikan dan melakukan Perencanaan Berbasis Data, sekolah perlu segera mengaktivasi akun belajar.id.

Baca juga: IDF-MUI dan PT Indomarco Luncurkan Program Peduli Pendidikan di Pesantren dan Madrasah

3. Tanya BOS dan BOP

Tanya BOS dan BOP merupakan forum tanya-jawab dan berbagi aspirasi baik, yang terverifikasi dan tervalidasi bagi sekolah seputar pengelolaan dana BOS/BOP, untuk menghilangkan keragu-raguan saat mengelola dana BOS/BOP. Jawaban yang terverifikasi dan tervalidasi tersebut bersumber dari tim Kemendikbudristek.

Pengguna Forum ini adalah seluruh satuan pendidikan yang memiliki akun belajar.id termasuk kepala sekolah, guru, dan bendahara. Oleh karena itu, pengguna perlu mengaktivasi akun belajar.id terlebih dulu untuk dapat menggunakan Tanya BOS/BOP.

Nah demikian tadi beberapa platform Kemendikbudristek yang dapat diakses dengan Akun Pembelajaran. Ayo segera aktivasi akun belajar.id kalian agar dapat membuka dan memanfaatkan platform-platform tersebut.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1453 seconds (0.1#10.140)