UT-BKN Perkuat Kerja Sama untuk Tingkatkan Kompetensi ASN

Selasa, 25 Oktober 2022 - 09:47 WIB
loading...
UT-BKN Perkuat Kerja Sama untuk Tingkatkan Kompetensi ASN
UT dan BKN kembali menjalin kerja sama untuk peningkatan kompetensi ASN di BKN. Foto/UT.
A A A
JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) kembali menjalin kerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam memperkuat kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di BKN. Kompetensi ASN ini penting untuk meningkatkan pelayanan publik.

Penandatanganan kerja sama antara kedua institusi pemerintah ini terkait dengan penyelenggaraan program studi jenjang Sarjana Administrasi Publik bidang Minat Administrasi dan Manajemen Kepegawaian Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Rektor UT Prof Ojat Darojat mengatakan, pendirian UT oleh pemerintah memang salah satunya adalah untuk memberikan kesempatan kepada orang yang sudah bekerja untuk bisa kuliah sehingga bisa meningkatkan kompetensi dan jenjang pendidikan terakhirnya.

Baca juga: 11 Sekolah Kedinasan bagi Siswa Jurusan IPA, Nomor 5 Paling Diminati Lulusan SMA-SMK

"Bagi mereka yang terbatas waktunya, harus membina karier pada bidang kerja yang sedang digeluti dan terikat dengan keluarga dan lainnya UT bisa menjadi solusi untuk mereka," katanya, melalui siaran pers, Selasa (25/10/2022).

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilaksanakan di Gedung Pusmintas UT, Tangerang Selatan, Senin (24/10/2022).

Ojat menyampaikan, dengan adanya era baru yang berbasis digital seperti saat ini UT pun tidak mau ketinggalan dengan mengaplikasikan pembelajaran berbasis digital sehingga mahasiswa akan mendapat pengalaman belajar yang berbeda.

"Seperti pemanfaatan AI, AR, dan juga VR akan menjadi bagian dari pengalaman mahasiswa selama kuliah di UT. UT pun merupakan institusi yang paling leading dalam pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran," ungkapnya.

Baca juga: 8 Jurusan untuk Calon Mahasiswa yang Ingin Kuliah Sambil Bekerja, Ini Daftarnya

Sementara terkait kurikulum, imbuhnya, pihaknya telah merancang kurikulum yang bukan diisi dengan pengetahuan yang kadaluarsa melainkan pengetahuan yang bisa dimanfaatkan untuk masa depan dan karier mahasiswa UT selanjutnya.

Sementara terkait bidang layanan, ujarnya, pihaknya bekerja sama dengan seluruh pemerintah daerah dan BAKTI Kominfo agar layanan internet terutama di daerah 3T semakin bagus sehingga mahasiswa UT bisa menikmati pembelajaran jarak jauh secara maksimal.

Sementara Kepala BKN Bima Haria Wibisono mengapresiasi UT yang bersedia memperpanjang nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama pendidikan kepegawaian untuk meningkatkan kompetensi pegawai Badan Kepegawaian Daerah, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), dan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) ini.

Dia menambahkan, BKN akan memberikan beasiswa bagi ASN yang mengikuti pendidikan kepegawaian ini sehingga perkuliahan ini bersifat gratis. Sementara pemerintah daerah yang akan memberikan biaya hidup kepada para siswa yang dikirim untuk mengikuti perkuliahan di UT ini.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)