Bermalam di SMKN 1 Entikong, Nadiem Adakan Sesi Curhat

Rabu, 26 Oktober 2022 - 14:36 WIB
loading...
Bermalam di SMKN 1 Entikong, Nadiem Adakan Sesi Curhat
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengadakan sesi curhat saat bermalam di SMKN 1 Entikong. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Setelah melakukan kunjungan kerja di Kota Pontianak dan pusat Kabupaten Sanggau, Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim melakukan tradisi bermalam di tempat pemangku kepentingan secara mendadak. Kali ini Nadiem bermalam di sekolah terdekat dengan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, yakni SMKN 1 Entikong.

Para siswa, pendidik, dan tenaga kependidikan (PTK) yang tinggal di asrama SMKN 1 Entikong tidak menyangka sekolahnya disinggahi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. Enam tahun memimpin sekolah di tapal batas itu, Kepala Sekolah Adi Ahmadi mengatakan, "Kita berbahagia sekali dan tidak menyangka, sekolah yang hanya dua kilometer dari batas negara Indonesia dan Malaysia ini didatangi Mas Menteri,” katanya, melalui siaran pers, Rabu (26/10/2022).

Baca juga: 8 Jurusan Sepi Peminat di UGM yang Perlu Calon Mahasiswa Tahu, Strategi Jitu Lolos PTN Impian

Setibanya di sana, Mendikbudristek langsung berdialog dengan para murid dan PTK. "Alhamdulillah saya bisa berada di sekolah perbatasan ini untuk mendengarkan aspirasi adik-adik, serta ibu dan bapak yang saya banggakan."

"Saya tau sekolah ini ada tiga guru mengikuti Program Guru Penggerak dan berani menerapkan Kurikulum Merdeka. Luar biasa semangat transformasinya,” lanjut Mendikbudristek membuka apa yang disebutnya 'sesi curhat'.

Tujuan dari kehadiran Nadiem di sekolah daerah terdepan ini adalah untuk menangkap aspirasi warga sekolah di daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T) dan untuk memastikan manfaat kebijakan dan program Merdeka Belajar dirasakan seluruh pemangku kepentingan.

Baca juga: Lima Sekolah Kedinasan Terbaik di Papua, Ada IPDN?

Dedi, guru jurusan produk kreatif dan kewirausahaan menyambut semangat kedatangan menteri termuda Kabinet Indonesia Maju ini. "Kedatangan Mas Menteri yang santai ini bagaikan durian runtuh bagi kami di daerah perbatasan. Dari awal saya mendengar Merdeka Belajar, rasanya senang sekali," ungkap Dedi.

Dedi kemudian bertanya kepada Mendikbudristek seperti apa caranya menjelaskan secara singkat apa itu Merdeka Belajar karena banyak sekali kebijakan dan programnya yang bermanfaat.

Mendikbudristek menanggapi, "Secara singkat dan umum, Merdeka Belajar memberikan kepercayaan kembali kepada kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Sekolah diberikan otonomi. Guru diberikan kebebasan untuk fokus mengajar dan mulai terlepas dari beban kerja administratif. Murid diberikan kebebasan untuk mendalami minat dan bakatnya. Saya ingin melalui Merdeka Belajar, bersekolah itu menjadi menyenangkan dan benar-benar berguna."
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2634 seconds (11.97#12.26)