Ini 6 Universitas di Indonesia yang Ada Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri

Rabu, 26 Oktober 2022 - 15:48 WIB
loading...
Ini 6 Universitas di Indonesia yang Ada Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri
Sedikitnya ada enam Universitas di Indonesia yang memiliki pertukaran pelajar ke luar negeri. Salah satunya UGM. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada enam Universitas di Indonesia yang memiliki pertukaran pelajar ke luar negeri . Dengan adanya program ini tentunya akan memudahkan para mahasiswa dalam menambah relasi.

Dilansir dari sulselprov.go.id, setidaknya ada tiga manfaat yang didapatkan dari program pertukaran mahasiswa. Mulai dari melihat tradisi masyarakat negara yang dituju, kerjasama antar negara, dan menambah wawasan baru untuk mahasiswa.

Baca juga : Mahasiswa Perlu Tahu, Ini 6 Pertimbangan Sebelum Ikut Pertukaran Pelajar

Berikut enam universitas di Indonesia yang ada pertukaran pelajar ke luar negeri :

1. Universitas Gadjah Mada

Dikutip dari oia.ugm.ac.id, UGM menyediakan Outgoing Mobility Programs yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk mendapatkan tambahan pengalaman International Exposure melalui berbagai macam program, baik itu berbayar atau pun dengan beasiswa.

Apabila berminat untuk menjalani program ini terdapat beberapa syarat, ketentuan dan prosedur yang harus dipenuhi, baik itu untuk penerima beasiswa maupuan berbayar.

2. Universitas Airlangga

Program ASEAN University Network (AUN) ASEAN Credit Transfer System (ACTS) diselenggarakan di Universitas Airlangga melalui skema Academic Mobility Exchange for Undergraduate at Airlangga (AMERTA) sejak tahun 2014.

Program AUN-ACTS dibangun untuk memfasilitasi mahasiswa di lingkup ASEAN untuk mendapat pengalaman belajar di Universitas-universitas di negara anggota ASEAN. Karena itulah UNAIR termasuk universitas di indonesia yang ada pertukaran pelajar ke luar negeri.

3. Universitas Brawijaya

Universitas di Indonesia yang ada pertukaran pelajar ke luar negeri selanjutnya ini telah banyak melakukan mitra dengan beberapa perguruan tinggi luar negeri.

Salah satu tujuan UB membentuk program ini ialah untuk menutupi disparitas pendidikan baik antar perguruan tinggi dalam negeri, maupun kondisi pendidikan tinggi dalam negeri dengan luar negeri.

4. Universitas Indonesia

Beberapa perguruan tinggi yang telah menjalin kerjasama dengan UI diantaranya Nederlandse Taalunie (NTU), Instituto Camoes, Lisbon, Helnrich-Heine University Duesseldoft, Germany, The University of Sydney, serta masih banyak lagi.

Kerjasama ini sudah terjalin sejak lama dimulai dari tahun 2007. Dengan banyaknya opsi ini membuat peluang mahasiswa semakin terbuka untuk menjalankan program tersebut.

Baca juga : Mahasiswa UI Lolos Pertukaran Pelajar ke Jepang untuk Belajar Saintek

5. Institut Teknik Bandung

ITB juga menawarkan program pertukaran mahasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa universitas mitra yang mempunyai perjanjian pertukaran akademik dan nota kesepahaman mengenai pertukaran mahasiswa.

Selain memiliki relasi yang luas di dalam negeri, ITB juga telah membentangkan sayapnya sampai ke luar negeri dengan beberapa mitra kerjasamanya mulai dari bidang industri hingga pendidikan.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Perguruan Tinggi yang terletak di Surabaya ini juga memiliki program bernama ITS Global Engagement yang membuka kesempatan bagi mahasiswa ITS untuk mengikuti program pertukaran ke universitas mitra.

Durasi program ini tergantung pada kebijakan masing-masing universitas mitra. Dalam program ini terdapat pula Program Mobilitas dengan Beasiswa tentunya dengan persyaratan yang telah ditentukan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)