Lima Rekomendasi Platform Kursus Online Gratis Bersertifikat

Kamis, 27 Oktober 2022 - 14:24 WIB
loading...
Lima Rekomendasi Platform Kursus Online Gratis Bersertifikat
Lima rekomenasi platform kursus online gratis bersertifikat. Foto/Kalbis Institute.
A A A
JAKARTA - Lima rekomendasi platform kursus online gratis bersertifikat ini bisa menjadi rekomendasi bagi mahasiswa untuk menambah skill. Dengan memegang sertifikat suatu keahlian tertentu tentunya bisa memudahkan untuk mencari kerja.

Saat ini surat melamar kerja tidak hanya diisi dengan lembar ijazah pelamar yang ingin bekerja di suatu perusahaan. Namun jika ditambah dengan sertifikat keahlian pasti menjadi nilai tambah dan langsung dilirik oleh rekruiter di perusahaan.

Dengan adanya sertifikat itu membuktikan pelamar kerja memiliki kemampuan beragam yang akan berguna untuk produktivitas kerja. Untuk meningkatkan skill itu pun bisa dilakukan melalui berbagai kursus yang saat ini sudah banyak platform yang menyediakan kursus online.

Baca juga: UI Masuk Peringkat 281–300 Dunia Kategori Sustainability Versi QS WUR 2022

Sayangnya, tidak semua orang tahu kalau ternyata ada juga sejumlah website kursus online gratis terbaik yang menawarkan kualitas pembelajaran tidak kalah bagus dan layak untuk dicoba.

Bahkan, beberapa di antaranya pun menawarkan sertifikat yang bisa kamu gunakan untuk memperkaya CV milikmu saat melamar pekerjaan. Dibandingkan dengan kursus online berbayar, kursus online gratis apalagi bersertifikat pastinya jauh lebih terbatas. Meskipun begitu, terbatas bukan berarti tidak ada satu pun.

Mau tahu mana saja kursus online tersebut? Dikutip dari laman Pintek, berikut ini lima rekomendasi website kursus online gratis terbaik bersertifikat.

1. RevoU

RevoU adalah salah satu startup yang berfokus pada layanan online learning academy atau akademi pembelajaran online yang menyediakan kursus gratis maupun berbayar.

Program yang disediakan rata-rata selalu berkaitan dengan marketing seperti Digital Marketing, Business Development, Data Analytics dan Product Management. Selain itu, RevoU juga menyediakan dua jenis program yaitu Full Programs (6 bulan) dan Intro Program (1 minggu).

Untuk kursus online gratis RevoU sendiri hanya tersedia untuk Intro Program atau biasa disebut sebagai RevoU Mini Course yang diadakan selama 7 hari dengan tutor-tutor berpengalaman di bidangnya.

Meskipun gratis, tetapi mini course ini menawarkan sejumlah sesi seperti lecture, tanya jawab, simulasi, hingga tugas praktikal yang dapat diikuti oleh para peserta sehingga mereka bisa mencicipi pengalaman belajar di RevoU.

Selain itu, para peserta yang mengikuti kursus dan berhasil lulus certification test juga berhak mendapatkan sertifikat digital dari RevoU.

2. Hacktiv8

Jika di RevoU lebih banyak menawarkan kursus yang berkaitan dengan marketing, maka Hacktiv8 adalah tempat yang cocok buat kalian yang ingin kursus online programming.

Di sini kamu disediakan berbagai pilihan program mulai dari Web Developer, Intro To Python For Data Science, Intro To NodeJS, React and React Native Basic, Web Services With Golang dan masih banyak lainnya.

Ada juga program Bootcamp bagi yang ingin menjadi Full Stack Programmer atau Data Scientist. Di Hacktive8 juga peserta akan mendapatkan sertifikat digital sebagai bukti bahwa mereka telah menyelesaikan pelatihan.

Namun sayangnya, Hacktiv8 tidak menyediakan kursus online yang benar-benar gratis. Hanya saja, mereka menyediakan program ISA Hacktiv8 di mana siswa dapat belajar di program Bootcamp hanya dengan membayar fase preparation dan pelunasan pembayaran dilakukan setelash siswa lulus dan bekerja.

3. Cakap

Di era global seperti sekarang ini pastinya penting banget untuk dapat menguasai bahasa asing, salah satunya bahasa Inggris agar bisa bersaing secara global. Cakap adalah salah satu tempat kursus online yang dapat kamu pilih untuk meningkatkan dan melatih skill bahasa asing.

Baca juga: Penjelasan Serta Perbedaan Konsep Pendidikan Menengah Antara SMA, SMK, STM, dan MA

Kamu akan berbincang langsung dengan pengajar asing dan berlatih menggunakan bahasa yang diminati. Selain itu, jam pembelajaran pun fleksibel karena kamu dapat memesan kelas sesuai jadwal kosongmu.

Setiap siswa yang kurus di Cakap juga akan melalui tahapan tes akhir yang bertujuan untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi, sebelum akhirnya mendapatkan sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan pelatihan.

Namun, untuk yang penasaran seperti apa sistem belajar di Cakap, kamu bisa mencoba kelas gratis yang diadakan sebanyak satu sesi dengan durasi 25 menit.

4. IndonesiaX

IndonesiaX menyediakan kursus-kursus berkualitas yang dibawakan langsung oleh para instruktur terbaik bangsa di platform berbasis online yang dapat diakses secara gratis.

Di sini kalian akan diajar oleh pengajar atau tokoh ternama dari dalam dan luar negeri karena IndonesiaX telah menjalin kerjasama dengan banyak universitas terkemuka di Indonesia maupun organisasi spesialis dan terpercaya seperti Bursa Efek Indonesia, NET TV, Universitas Indonesia dan masih banyak lagi.

Selain itu, kalian bisa mengikuti kursus dengan berbagai pilihan topik menarik seperti misalnya Business and Management, Communication, Computer Science, Engineering, Law, Economics and Finance dan lain-lain.

Menariknya, seluruh materi ajar termasuk video, materi soal dan materi ujian final dapat diakses secara gratis dan akan memperoleh sertifikat IndonesiaX yang ditandatangani oleh instruktur dari institusi mitra serta pihak IndonesiaX.

5. Coursera

Coursera adalah platform pembelajaran online yang berasal dari negara Amerika yang didirikan pada tahun 2012 oleh profesor Stanford Andrew dan Daphne Koller.

Melalui Coursera kalian bisa mengikuti kursus online dengan berbagai pilihan bidang seperti data analisis, matematika, bisnis, pembelajaran bahasa dan lain sebagainya.

Bukan hanya menyediakan kursus gratis secara online, Coursera juga menyediakan kursus berbayar dan sertifikat untuk para siswa yang telah lulus mengikuti kursus.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)