Deretan Lulusan Sarjana di Usia Muda dari PTN Ternama

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 17:52 WIB
loading...
Deretan Lulusan Sarjana di Usia Muda dari PTN Ternama
Deretan lulusan sarjana di usia muda dari perguruan tinggi negeri (PTN) ternama. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Lulus kuliah dengan tepat waktu dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna adalah target yang banyak ditetapkan oleh mahasiswa . Namun di balik itu, ada juga mahasiswa yang berhasil lulus ketika mereka masih menginjak usia yang sangat muda.

Biasanya dalam prosesi wisuda, perguruan tinggi akan mengumumkan siapa saja mahasiswa yang meraih IPK tertinggi, wisudawan terbaik, dan juga mahasiswa yang menjadi wisudawan termuda. Bagi namanya yang disebut, pastinya menjadi sebuah kebahagiaan dan menjadi momentum yang akan dikenang sepanjang masa.

Untuk wisudawan termuda, ini menjadi prestasi tersendiri. Sebab kebanyakan mahasiswa dapat meraih gelar sarjananya ketika menginjak usia 22 tahun. Namun sejumlah mahasiswa dapat lulus sarjana dengan usia 20 tahun atau kurang dari itu.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut sederet lulusan sarjana di usia muda.

Baca juga: Lulus S3 Kimia, Ilmi Jadi Wisudawan Doktor Termuda ITB

1. Jeane Wanggai

Jeane Irene Beatrice Gloriana Zebua Wanggai menjadi lulusan termuda dengan usia baru 20 tahun pada wisuda ketiga Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun akademik 2021/2022. Ia merupakan gadis asal Papua yang menamatkan kuliah sarjananya di program studi Teknik Lingkungan ITB. Hal yang membuatnya bisa menjadi lulusan termuda adalah karena saat belajar di SMAN 3 Jayapura, ia memilih untuk mengikuti program akselerasi.

Setelah menyelesaikan SMA dalam waktu dua tahun, Jeane berhasil diterima di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) prodi Teknik Lingkungan melalui jalur SNMPTN. Tidak hanya berhenti sampai di situ, di usianya yang masih muda, Jeane mengambil program fast track di program studi yang sama dan berharap dapat lulus dengan gelar magister di tahun depan.

2. Dimas Nugraha Aryatama

Mahasiswa asal Banjarmasin yang bernama Dimas Nugraha Aryatama berhasil lulus dengan menyandang predikat wisudawan termuda dalam Wisuda Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ke-122 pada 24 Oktober 2020 lalu. Saat itu usianya baru mencapai 19 tahun 7 bulan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1679 seconds (10.101#12.26)