Ini Perbedaan Jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan Teknik Komputer

Senin, 31 Oktober 2022 - 15:41 WIB
loading...
Ini Perbedaan Jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan Teknik Komputer
Ini perbedaan jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan Teknik Komputer. Foto/Ilustrasi/Koran Sindo.
A A A
JAKARTA - Mengenali perbedaan jurusan Teknik Informatika , Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan Teknik Komputer penting bagi calon mahasiswa. Terutama bagi yang ingin kuliah di jurusan yang terkait dengan komputer.

Teknik Informatika, Sistem Informasi, Ilmu Komputer, dan Teknik Komputer memang terdengar mirip satu sama lain. Jurusan ini sama-sama mengandung unsur komputer, akan tetapi ada perbedaan yang perlu diketahui agar tidak salah jurusan.

Teknik Informatika

Dikutip dari laman Fakultas Teknik Universitas Pasundan, jurusan ini mempelajari tentang teknologi komputer, meliputi analisa matematis pengembangan, pengujian, evaluasi perangkat lunak (software), sistem operasi, dan kerja komputer.

Teknik informatika identik dengan belajar bahasa pemrograman dan mengaplikasikannya dengan membuat aplikasi desktop, web, mobile, dan sebagainya. Mahasiswa akan mempelajari fungsi-fungsi dan struktur intruksi dalam bahasa pemrograman serta metodologi dalam pembuatan aplikasi.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 10 Jurusan Kuliah dengan Biaya Termurah di Indonesia

Mata kuliah yang akan dipelajari nantinya adalah teknik informatika yang fokus pada pemrograman, teknologi jaringan komputer, dan pengembangan perangkat lunak. Bagi calon mahasiswa lulusan SMK, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) ilmu yang kalian pelajari tidak akan jauh berbeda pada saat kuliah nanti.

Mahasiswa jurusan ini harus siap-siap terjun ke praktik daripada teori. Sebab Teknik Informatika berdiri dibawah Fakultas Teknik maka proses perancangan, pembangunan, hingga testing perangkat lunak menjadi fokus utama jurusan Teknik Informatika.

Maka jangan heran pada saat menulis skripsi nanti kalian diwajibkan membangun sebuah aplikasi, namun bukan berarti teori tentang ilmu komputer tidak dibahas, hanya saja pemahaman tersebut tidak dibahas sedalam jurusan Ilmu Komputer.

Sistem Informasi
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2223 seconds (10.177#12.26)