Deretan PTN yang Menyediakan Jalur Penerimaan Khusus Ketua OSIS

Kamis, 03 November 2022 - 12:55 WIB
loading...
Deretan PTN yang Menyediakan Jalur Penerimaan Khusus Ketua OSIS
Deretan PTN yang menyediakan jalur penerimaan khusus ketua OSIS bisa menjadi pilihan untuk lanjut kuliah. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Sederet perguruan tinggi negeri ( PTN ) yang menyediakan jalur khusus penerimaan khusus ketua OSIS bisa menjadi pilihan tersendiri untuk melanjutkan kuliah di kampus negeri di Indonesia.

PTN membuka sejumlah jalur penerimaan mahasiswa baru. Ada yang melalui jalur seleksi nasional melalui seleksi prestasi dan ada yang ujian tulis.

Salah satu jalur yang dibuka untuk menjaring mahasiswa unggul adalah jalur ketua OSIS. Bagi kamu yang pernah menjadi ketua OSIS di bangku SMA, ini peluang besarmu untuk masuk PTN yang kamu minati.

Masing-masing universitas memiliki persyaratan dan tata cara masing-masing untuk menerima mahasiswa baru dari jalur ketua OSIS ini.

Dikutip dari laman resmi masing-masing, berikut ini 5 PTN yang menyediakan jalur ketua OSIS pada 2022. Perlu diketahui juga bahwa proses ujian masuknya juga sudah rampung.

Baca juga: 5 Perguruan Tinggi Negeri yang Membuka Jalur Prestasi, Simak Daftarnya!

1. IPB University


IPB University membuka jalur ketua OSIS sejak 2019. Jalur ini dibuka di seleksi mandiri untuk mencari calon mahasiswa yang telah terbukti memiliki jiwa kepemimpinan sebagai ketua OSIS selama di SMA.

Jalur ini sekaligus mencari mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang memadai untuk dididik di IPB menjadi calon pemimpin yang memiliki intelektual tinggi, atau intelektual yang memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

Pada 2022, jalur ketua OSIS dibuka pada 1 Februari hingga 31 Maret 2022. Dikutip dari laman IPB University, berikut ini persyaratannya.

1. Pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA/MA, yang diperkuat dengan surat Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dilengkapi dengan surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai ketua OSIS
2. Lulusan tahun 2022 jurusan IPA
3. Rataan nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester sekurangnya 80
4. Bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2139 seconds (10.55#12.26)