5 Perguruan Tinggi Negeri yang Membuka Jalur Prestasi, Simak Daftarnya!

Rabu, 02 November 2022 - 12:33 WIB
loading...
5 Perguruan Tinggi Negeri yang Membuka Jalur Prestasi, Simak Daftarnya!
Sejumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia membuka jalur prestasi dalam skema penerimaan mahasiswa barunya. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia membuka jalur prestasi dalam skema penerimaan mahasiswa barunya. Dalam daftar ini, terdapat sedikitnya ada lima PTN yang menyelenggarakan program ini.

Secara umum, perguruan tinggi negeri akan selalu membuka PMB atau Penerimaan Mahasiswa Baru setiap tahunnya. Dalam hal ini, mereka biasanya menawarkan berbagai jalur, termasuk reguler, mandiri, hingga jalur prestasi.

Baca juga : Ini yang Membedakan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Dari sekian banyak PTN yang membukanya, mereka memiliki berbagai persyaratan dan ketentuan yang berbeda-beda. Satu hal yang pasti, hal ini dilakukan untuk mencari bibit-bibit unggul dan berprestasi yang ingin berkuliah di masing-masing Instansi Pendidikan terkait.

Berikut lima perguruan tinggi negeri di Indonesia yang membuka jalur prestasi.

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia juga termasuk sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang membuka jalur prestasi dalam skema penerimaan mahasiswa baru.

Dikutip dari laman Simak UI, berbeda dengan sebelumnya yang hanya menggunakan jalur olimpiade dengan sifat tertutup, tahun 2022 ini Universitas Indonesia menawarkan kepada siswa-siswi berprestasi untuk mengikuti seleksi jalur prestasi.

Adapun prestasi yang diperhitungkan adalah minimal juara tiga atau peraih medali perunggu di kompetisi tingkat nasional dan internasional yang diraih saat berada di bangku SMA atau sederajat. Sebagai buktinya, sertifikat wajib disertakan pada saat pendaftaran.

Untuk tahun 2022 ini, seleksi jalur prestasi UI sudah dilakukan pada 12 Mei 2022 hingga 4 Juni 2022 lalu. Dengan terbukanya jalur ini, bukan tidak mungkin di tahun mendatang jalur prestasi ini akan tetap berlanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1843 seconds (0.1#10.140)