Prodi Ekonomi Islam Unair Terbaik di Indonesia Berdasarkan Sinta Score

Sabtu, 05 November 2022 - 19:32 WIB
loading...
Prodi Ekonomi Islam Unair Terbaik di Indonesia Berdasarkan Sinta Score
Prodi Ekonomi Islam Unair berhasil menduduki peringkat pertama Sinta Score. Foto/Tangkap layar laman Unair.
A A A
JAKARTA - Program Studi Ekonomi Islam Universitas Airlangga (Unair) menduduki peringkat pertama sebagai Prodi Ekonomi Islam dengan Sinta Score tertinggi di Indonesia. Merujuk pada laman Sinta atau Science and Technology Indeks, per Oktober 2022, nampak Prodi Ekonomi Islam Unair unggul dengan perolehan skor 9.206.

Ketua Departemen Ekonomi Syariah Unair Dr Sri Herianingrum mengaku sangat bangga akan perolehan hasil tersebut. Menurutnya, hal ini merupakan salah satu aksi nyata Prodi Ekis dalam meningkatkan kualitas, baik kualitas prodi maupun institusi perguruan tinggi.

“Jadi itu perannya sangat tinggi bagi proses peningkatan kualitas dan perangkingan dari perguruan tinggi di Indonesia,” ucapnya, dikutip dari laman Unair, Sabtu (5/11/2022).

Baca juga: Mengenal Gelar Sarjana Saintek di Unair, Pilihanmu yang Mana?

Lebih lanjut, Ia mengatakan Sinta Score adalah hasil penilaian dari riset para dosen yang menilai riset tersebut pasti sangat bermanfaat bagi industri Ekonomi Islam maupun untuk kemajuan bangsa Indonesia. Sehingga, sambung dia, hal ini merupakan bentuk dakwah dan menjadi motivasi tersendiri untuk terus meningkatkan riset-riset di lingkungan Departemen Ekonomi Syariah Unair.

Dia mengatakan, dirinya bersama tim dosen sudah menyiapkan strategi dalam meningkatkan Sinta Score melalui penelitian, di antaranya membuat camp-camp riset dosen dan mengelompokkan berdasarkan H indeks scopus.

Selain itu, lanjut Dr Sri, Departemen Ekonomi Syariah Unair juga telah membuat empat pusat riset, yakni Center for Halal Industry Digitalization (CHID), Center for Innovative Islamic Investment and Capital market (CIICAM), Center of Islamic Social Finance (CIFS), dan Center for Socio Economic Islamic Boarding School (CSEIBS).

Baca juga: Pengusul Program Matching Fund Vokasi 2022 Naik 300 Persen

Lebih dari itu, Dr Sri menyebut, semangat riset juga ditularkan kepada mahasiswanya melalui penerapan riset dalam tugas-tugas kuliah. “Dari semester awal di mata kuliah saya disuruh buat paper dan presentasi, begitu juga dengan mata kuliah lainnya, itu juga menjadi salah satu strategi untuk mahasiswa itu senang menulis,” ujar Ketua 2 Ikatan Ahli Ekonomi Islam Jawa Timur itu.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau kepada mahasiswa untuk senantiasa menikmati setiap proses pendidikan di Unair serta mengajak masyarakat untuk berkuliah di Prodi Ekonomi Islam Unair, baik jenjang S1, S2, maupun S3. Karena, sambungnya, Ekonomi Islam Unair memiliki banyak keunggulan di antaranya sudah mendapat akreditasi nasional maupun internasional.

“Jangan ragu untuk memilih Prodi Ekis Unair baik S1, S2 maupun S3, Selain kami telah memiliki akreditasi A dari BAN PT, kami juga telah memiliki akreditasi ABEST21, FIBAA, serta Unair juga telah masuk 369 kampus terbaik dunia,” pungkasnya.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2088 seconds (11.97#12.26)