5 Sertifikat Ini Sangat Menentukan Kelulusan Masuk PTN Jalur SNBP 2023

Senin, 07 November 2022 - 23:31 WIB
loading...
5 Sertifikat Ini Sangat Menentukan Kelulusan Masuk PTN Jalur SNBP 2023
Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Peran sertifikat dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi ( SNBP ) sangat penting bagi pelajar yang hendak memasuki perguruan tinggi negeri melalui jalur prestasi.

Jalur seleksi masuk PTN dengan menggunakan prestasi akademik memiliki peluang yang besar untuk diterima di Perguruan Tinggi tersebut. Tidak hanya berdasarkan nilai rapor, beberapa sertifikat dapat ditambahkan untuk mendapatkan poin tambahan untuk lolos jalur SNBP ini.

Baca juga: Kemendikbudristek Kirim 82 Dosen Vokasi ke Inggris dan Amerika, Ada Apa?

Peran dari sertifikat SNBP sendiri pun penting karena sebagai bukti tambahan yang dapat meyakinkan PTN tujuan mengetahui bahwa calon mahasiswa tersebut memiliki kelebihan atau prestasi yang dapat dibanggakan nantinya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah tidak semua sertifikat yang anda miliki dapat digunakan untuk lolos pada jalur ini.

Ada beberapa persyaratan sertifikat SNBP yang dapat dihitung menjadi poin tambahan calon mahasiswa tersebut pada jalur SNBP ini, di antaranya dilihat berdasarkan kategori prestasi dan lembaga yang mengeluarkan sertifikat prestasi tersebut.

Baca juga: Sederet Perguruan Tinggi Negeri dengan Biaya Kuliah Termurah, Nomor 1 PTN Ternama

Nah apa saja sih sertifikat yang dapat menjadi poin tambahan pada jalur SNBP ini? Berikut 5 jenis sertifikat untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi masuk Perguruan Tinggi:

1. Sertifikat Olimpiade Sains Nasional (OSN)

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan sebuah kompetisi pada tingkat nasional bagi mahasiswa SD/SMP/SMA yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek pada bidang sains yang biasa mengadakan olimpiade Matematika, Kimia, Astronomy, Fisika, Ekonomi dan sebagainya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1422 seconds (10.177#12.26)