10 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Beasiswa Beserta Jawabannya

Selasa, 08 November 2022 - 11:07 WIB
loading...
10 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Beasiswa Beserta Jawabannya
10 pertanyaan umum saat wawancara beasiswa beserta jawabannya. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Proses wawancara merupakan salah satu tahapan meraih beasiswa untuk kuliah di kampus impian. Perjuangan meraih beasiswa pun bukan tak semudah membalik tangan melainkan suatu proses yang membutuhkan ketekunan dan kesabaran.

Maka dari itu, para pejuang kuliah pun harus menyiapkan hal sedini mungkin untuk diterima oleh suatu lembaga penyedia beasiswa. Salah satu proses yang menjadi momok tersendiri bagi pencari beasiswa adalah wawancara.

Wawancara merupakan proses terakhir dalam seleksi beasiswa yang biasanya dilakukan secara langsung. Nah kali ini akan dikupas mengenai 10 pertanyaan yang sering ditanyakan saat proses beasiswa, dikutip dari laman Schoters.

1. Ceritakan tentang Dirimu Sendiri

Pewawancara seringkali mem-parafrasa pertanyaan ini dalam sejuta bentuk, misalnya menanyakan kamu orang yang seperti apa, dan lain sebagainya.

Tapi apapun pertanyaannya, kunci dari pertanyaan ini tetap sama: kamu harus memanfaatkan pertanyaan ini untuk menjelaskan hal-hal yang tidak kamu cantumkan dalam CV dan esai – sekaligus menonjolkan keunikan diri kamu!

Contoh jawaban: “I’m someone who is passionate and takes personal interest in accounting and finance. That’s why I plan to continue my study for a Master’s Degree in Finance, Accounting & Taxation and become a Finance Planning & Analyst expert. I am already a certified Financial Planner by FPSB. When I am not working, I really enjoy reading personal development books and volunteering at my local communities.”

Baca juga: 5 Tips Jitu Lolos Beasiswa ke Luar Negeri dengan IPK 2 Koma

2. Setelah Dapat Beasiswa dan Lulus S2/S3 Apa yang Akan Anda Lakukan ? Dengan Cara Apa dan Di Mana?

Lewat pertanyaan ini, pewawancara sebenarnya ingin mengetahui apa kontribusi yang akan kamu berikan kepada lingkungan di sekitarmu, nih! Contohnya seperti: apa yang akan kamu berikan kepada masyarakat dan negara, apa yang akan kamu lakukan setelah lulus, dan bagaimana cara kamu dapat membuat kontribusi tersebut.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1423 seconds (11.252#12.26)