Siswa Madrasah Raih Emas di Ajang International Science and Invention Fair 2022

Selasa, 08 November 2022 - 12:55 WIB
loading...
Siswa Madrasah Raih Emas di Ajang International Science and Invention Fair 2022
Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan meraih medali emas International Science and Invention Fair (ISIF) 2022. Foto/Dok/MAN 1 Medan
A A A
JAKARTA - Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan meraih medali emas International Science and Invention Fair (ISIF) 2022. Ajang ini diselenggarakan Indonesian Young Scientist Association (IYSA) dan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Bali.

Even yang berlangsung 1-4 November 2022 ini diikuti 112 peserta dari 32 negara, di antaranya Malaysia, Singapura, Thailand, Korea, Kazakhstan, India, hingga Turki.

Baca juga: Kemenag Salurkan Rp37 Miliar Bantuan RKB untuk 341 Madrasah Swasta

Siswa MAN 1 Medan menampilkan karya inovasi bertajuk “Smart Weather Prediction (Alat Bantu Prediksi Cuaca).” Inovasi ini diuji dan dipresentasikan di hadapan dewan juri dan seluruh partisipan. Selain medali emas, Siswa MAN 1 Medan juga memperoleh Special Award berupa Semi Grandprize dari Iran.

"Selamat atas predikat juara yang diraih siswa MAN 1 Medan. Semoga prestasi ini menjadi motivasi untuk terus berprestasi dan juga memotivasi madrasah lainnya untuk berprestasi di berbagai ajang perlombaan," ucap Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani, Senin (7/11/2022)

Ali Ramdhani juga menyampaikan terima kasih karena MAN 1 Medan telah mengharumkan nama negara, sekaligus menunjukkan eksistensi madrasah di tingkat internasional.

Baca juga: 8 Universitas Terbaik Indonesia dengan Lulusan Paling Cepat Dapat Kerja Versi QS WUR 2022

Hal senada juga disampaikan Direktur Kurikulum, Saraa, Kelembagaa dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Moh Isom Yusqi. Menurutnya, capaian siswa MAN 1 Medan merupakan prestasi yang membanggakan.

“Apalagi, ajang ini bersifat international yang diikuti banyak peserta dari negara lain. Kami berharap madrasah semakin kompetitif, berdaya saing tinggi dan siap melahirkan talenta-talenta berprestasi untuk negara tercinta," ujar Isom.

Kepala MAN 1 Medan Reza Faisal menjelaskan bahwa untuk mengikuti ajang ini, siswanya melakukan persiapan selama tiga bulan. Ada lima siswa yang terlibat dalam membuat karya inovasi ini, yaitu: Ahmad Surya Anshari, Nabila Rizki Matondang, Aisyah Noor Hakim, Nabila Putri Ammar Hasibuan dan Siti Viola Mayandrie.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3636 seconds (11.252#12.26)