Ini Daftar Lengkap Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas dan Non Ikatan Dinas di Indonesia

Selasa, 08 November 2022 - 14:59 WIB
loading...
Ini Daftar Lengkap Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas dan Non Ikatan Dinas di Indonesia
Daftar lengkap sekolah kedinasan dengan ikatan dinas dan non ikatan dinas untuk rekomendasi lulusan SMA sederajat kuliah tahun depan.. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Selain perguruan tinggi negeri dan swasta, sekolah kedinasan dapat menjadi pilihan bagi lulusan SMA, SMK, dan sederajat. Berbagai pilihan sekolah kedinasan tersedia untuk calon mahasiswa yang ingin dididik di bawah institusi pendidikan milik pemerintah ini.

Sekolah kedinasan memiliki beragam bidang ilmu yang bisa jadi rekomendasi calon mahasiswa. Misalnya sejumlah sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan bagi kalian yang ingin bekerja di bidang transportasi. Juga ada IPDN yang bisa menjadi tujuan bagi kamu yang ingin menjadi pelayan publik.

Bagi kalian yang ingin setelah lulus menjadi CPNS di instansi negara, bisa mendaftar di sekolah kedinasan dengan ikatan dinas. Pendaftaran sekolah kedinasan dengan ikatan dinas dikoordinir langsung oleh pemerintah pusat melalui portal SSCASN Sistem Seleksi Sekolah Kedinasan (Dikdin) milik BKN.

Baca juga: Kapan Pendaftaran Mahasiswa Baru NTU Dimulai? Cek di Sini

Sementara untuk penerimaan di sekolah kedinasan tanpa ikatan dinas, proses pendaftarannya bisa langsung di portal yang disediakan kementerian terkait. Seperti di Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (Simama) Poltekkes Kemenkes.

Perbedaan dari sekolah kedinasan dengan ikatan dinas dengan non ikatan dinas itu jika status ikatan dinas maka setelah lulus alumninya bisa diangkat menjadi pegawai di lembaga yang menaunginya.

Sementara untuk perguruan tinggi kedinasan dengan status non ikatan dinas maka setelah lulus alumninya hanya akan diberi ijazah sama halnya seperti lulus di PTN ataupun kampus swasta lainnya.

Dikutip dari Instagram Info Sekolah Kedinasan 2023, berikut ini daftar sekolah kedinasan ikatan dinas dengan sekolah kedinasan tanpa ikatan dinas yang bisa kalian pilih untuk melanjutkan studi tahun depan.

Daftar Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas

1. Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN
2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
3. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)
4. Politeknik Statistika STIS
5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)
6. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)
7. Politeknik Imigrasi (Poltekim)
8. 23 sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2413 seconds (0.1#10.140)