Calon Mahasiswa, Ini Penjelasan Mengenai Perbedaan Warna-warna Makara UI Sesuai Fakultas

Selasa, 08 November 2022 - 20:16 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Ini Penjelasan Mengenai Perbedaan Warna-warna Makara UI Sesuai Fakultas
Mahasiswa UI melewati lambang Makara UI. Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Calon mahasiswa Universitas Indonesia (UI) perlu tahu warna lambang atau makara UI di tiap-tiap fakultas. Jika belum tahu, kalian bisa memperhatikan dengan baik penjelasan di bawah ini.

Lambang UI diciptakan pada 1952 oleh Sumaxtono yang punya nama asli Sumartono. Sumaxtono merupakan mahasiswa UI angkatan 1952 jurusan Seni Rupa Fakulteit Teknik Universiteit Indonesia, Bandung.



Ide awalnya lambang UI berasal dari kala-makara yang merupakan dua kekuatan yang ada di alam. Kala sebagai kekuatan di atas atau kekuatan matahari dan makara sebagai kekuatan di bawah atau kekuatan bumi.

Lalu makara itu apa sih? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, secara etimologi makara itu berasal dari bahasa Sanskerta. Makara disebut sebagai binatang laut yang berukuran besar, dianggap sebagai lambang Kāmadewa, biasanya dipasang sebagai hiasan pada pintu gerbang atau hiasan kepala.



Seperti dikuti dari laman resmi Universitas Indonesia, lambang UI memiliki dua unsur, yaitu pohon yang terdapat cabang-cabang dan juga makara. Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari situs resmi UI:

1. Kuncup pohon ilmu pengetahuan.

2. Cabang-cabang pohon ilmu.

3. Pancuran yang keluar berbentuk makara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1919 seconds (0.1#10.140)