Mendikbudristek Tutup FeLSI 2022, Ini Nama-nama Pemenangnya

Jum'at, 11 November 2022 - 11:18 WIB
loading...
Mendikbudristek Tutup FeLSI 2022, Ini Nama-nama Pemenangnya
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim secara resmi menutup ajang kompetisi bidang seni, bahasa, dan literasi, Festival Literasi Siswa Indonesia (FeLSI) 2022. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim secara resmi menutup ajang kompetisi bidang seni, bahasa, dan literasi , yaitu Festival Literasi Siswa Indonesia (FeLSI) 2022. Dia menekankan kompetisi ini bukanlah ajang pencarian sang juara atau pemenang, namun mencari generasi bangsa Indonesia yang memiliki Profil Pelajar Pancasila.

“Dari kegiatan ini, sebenarnya saya tidak mencari yang paling juara atau selalu nomor satu, yang saya cari adalah anak yang paling tidak takut mencoba dan yakin akan kemampuan diri sendiri untuk berkarya dan paling berani untuk menjadi Pelajar Pancasila,”, katanya, melalui siaran pers, Jumat (11/11/2022).

Pelajar Pancasila, kata Nadiem, adalah pelajar yang sikap dan tindakannya sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. ”Penting sekali bagi generasi muda Indonesia seperti adik-adik untuk menjadi Pelajar Pancasila, karena nanti setelah lulus dari sekolah ini, adik-adik akan bertemu dengan lingkungan yang baru, dengan tantangan-tantangan yang belum pernah dihadapi sebelumnya,” ujar Menteri Nadiem.

Baca juga: SMAN 1 Kawali Jadi Percontohan Sekolah Toleransi dan Antihoaks di Jabar

Dalam menghadapi tantangan dan permasalahan tersebut, lanjut Mendikburistek, para pelajar tidak membutuhkan rumus atau teori, namun kemampuan untuk berpikir secara kritis, bisa bekerja dalam kelompok, serta kreatif.

“Bukan hanya kreatif dalam bidang seni tapi juga dalam menentukan solusi suatu permasalahan. Kemampuan tersebut sangatlah krusial untuk dimiliki generasi muda Indonesia sebagai bekal menggapai cita-cita dan memberikan manfaat kepada sesama,” ucap Menteri Nadiem.

Oleh karena itu, Menteri Nadiem meyakini, ajang kompetisi atau lomba seperti FeLSI 2022 ini merupakan cara yang tepat untuk melatih dan menguatkan para peserta didik. “Saya yakin bahwa adik-adik semua, kalau mengikuti ajang kompetisi ini berarti sudah siap untuk menjadi para Pelajar Pancasila yang tidak hanya cerdas tetapi juga berkarakter,” ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Mendikbudristek mengapresiasi seluruh finalis FeLSI 2022. “Saya ucapkan selamat kepada adik-adik yang berhasil meraih predikat sebagai finalis dan pemenang dalam perlombaan talenta ini. Jadikan ajang ini semangat untuk terus berkompetisi dan berprestasi,” ujar Menteri Nadiem.

Baca juga: 5 Pahlawan Nasional yang Memperjuangkan Pendidikan di Nusantara

Kepada peserta yang belum juara, Mendikbudristek juga memberikan semangat untuk terus berprestasi dan terus mencoba. “Untuk adik-adik yang belum beruntung, jangan patah semangat. Pemenang yang sebenarnya adalah mereka yang tidak pernah berhenti mencoba,” ujarnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2544 seconds (11.252#12.26)