BuddyKu Dorong Mahasiswa Kalbis Institute Berani Menjadi Entrepreneur Sejak Dini

Jum'at, 11 November 2022 - 18:30 WIB
loading...
BuddyKu Dorong Mahasiswa Kalbis Institute Berani Menjadi Entrepreneur Sejak Dini
Puluhan mahasiswa menghadiri acara bertemakan Business Financial Management For Young Entrepreneurs di Ruang Seminar Lantai 6 Kalbis Institute. Narasumber utama adalah Growth and Monetization Manager BuddyKu Muhammad Yusuf Mulyana.
A A A
JAKARTA - Puluhan mahasiswa menghadiri acara yang bertemakan “Business Financial Management For Young Entrepreneurs" di Ruang Seminar Lantai 6 Kalbis Institute, Kamis (10/11/2022). Acara tersebut berlangsung dengan meriah dan sangat menarik perhatian para peserta yang merupakan mahasiswa dari Kalbis Institute .

Diawali dengan memberikan brainstorming dan kuis tebak gambar yang menggelitik daya kritis peserta, narasumber utama Muhammad Yusuf Mulyana, S.T yang berprofesi sebagai Growth and Monetization Manager di BuddyKu memberikan edukasi mengenai pengelolaan bisnis bagi para peserta yang ingin memulai untuk membangun bisnis ataupun yang sudah menjalankan bisnis.

Muhammad Yusuf menjelaskan dengan runtut, peranan penting sebuah pengelolaan finansial pada suatu bisnis yang menjadi faktor perencanaan utama dikarenakan modal hingga tahap pendapatan hingga proses pembayaran.

Jenis bisnis juga diperlukan untuk melihat target pasar yang nantinya menentukan kesuksesan sebuah bisnis, narasumber menjelaskan mengenai jenis bisnis dari perusahaan MNC Group yakni BuddyKu yang bergerak pada platform digital yang diinisiasi dari adanya perubahan media yang saat ini bertransformasi ke era digital.

Selain itu, dia juga menjelaskan mengenai pemberian perhatian yang harus dilakukan seorang pengusaha. Exit strategy dalam sebuah bisnis penting dilakukan untuk mereka yang ingin memulai karier menjadi pengusaha. Terdapat tiga hal utama yakni Acquired, IPO, dan Lifetime yang menjadi strategi seorang pengusaha dalam menjalankan bisnisnya, apa yang menjadi tujuan dari tercapainya usaha yang dijalankan.

"Dari teori-teori bisnis yang teman-teman pelajari di kuliah atau seminar seperti saat ini tidak ada artinya kalau tidak ada eksekusi. Ide itu murah, yang mahal itu eksekusinya," ujarnya.

Di pertengahan acara, kuis menarik terkait dengan istilah-istilah bisnis pun diberikan kepada para peserta. Peserta yang dapat menjawab pertanyaan yang diberikan oleh narasumber mendapatkan hadiah berupa uang tunai bernilai ratusan ribu rupiah sebagai bentuk penghargaan atas antusiasme mengikuti acara.

Proses tanya jawab yang dilakukan oleh peserta dan narasumber berlangsung secara interaktif. Peserta mengajukan beragam pertanyaan mengenai pengelolaan modal awal saat memulai usaha, sampai kepada bagaimana cara untuk mengembangkan pasar sebuah usaha yang dimulai pada skala mikro yakni yang dimulai pada lingkungan terkecil, yakni berjualan kepada kerabat dekat.
(zik)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1611 seconds (10.101#12.26)