5 Tips Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi dari Ditjen Dikti

Sabtu, 12 November 2022 - 16:40 WIB
loading...
5 Tips Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi dari Ditjen Dikti
Lima tips untuk sukses membuat publikasi untuk menembus jurnal internasional bereputasi. Foto/Dok/Zenius.
A A A
JAKARTA - Publikasi internasional penting bagi dosen , mahasiswa, dan peneliti untuk membangun reputasi pada bidang ilmu yang ditekuni. Namun untuk menembus jurnal internasional bereputasi itu sangat sulit dilakukan.

Salah satu pentingnya memublikasikan artikel ilmiah di jurnal internasional ialah hasil riset tersebut akan memberikan manfaat luas, tidak hanya dalam lingkup nasional namun secara global.

Namun untuk sukses menembus jurnal internasional itu bukan perkara yang mudah. Diperlukan upaya dan strategi yang cerdas yang harus disiapkan dosen ataupun mahasiswa untuk menembus jurnal internasional bereputasi.

Dikutip dari Instagram Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek @ditjen.dikti, berikut ini lima tips membuat publikasi di jurnal internasional bereputasi.

Baca juga: Pacu Penelitian Interdisipilin, UT Gelar Konferensi Internasional ICoMUS 2022

1. Rencanakan alur penulisan jurnal

Biasakan membuat perencanaan dalam memulai suatu kegiatan. Hal ini pula yang berlaku dalam menulis publikasi. Penulisan publikasi bisa diawali dengan membuat kerangka pikir agar penelitian dilakukan terarah. Buat juga garis besar artikel dan buat setiap bab langkah demi langkah.

2. Menulis bersama tim

Ingat pepatah Berat Sama Dipikul, Ringan Sama Dijinjing yang berarti pekerjaan yang berat akan terasa ringan apabila dikerjakan bersama-sama? Ini pula yang berlaku pada publikasi, terutama jika ingin menembus publikasi internasional.

Penelitian yang dilakukan bersama tim akan mempermudah karena bisa saling membantu dan memberi masukan. Menulis bersama rekan yang pernah memublikasikan artikel di jurna internasional juga akan memberi keuntungan bagi yang baru mau mulai menulis untuk jurnal internasional.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1920 seconds (11.210#12.26)