7 Sekolah Kedinasan Terbaik di Sulawesi Selatan, Ada Pilihanmu?

Minggu, 13 November 2022 - 13:11 WIB
loading...
7 Sekolah Kedinasan Terbaik di Sulawesi Selatan, Ada Pilihanmu?
7 sekolah kedinasan terbaik di Sulawesi Selatan ini bisa jadi rekomendasi untuk melanjutkan studi. Foto/YouTube BPSDMP151.
A A A
JAKARTA - Sekolah kedinasan dapat menjadi rekomendasi untuk melanjutkan kuliah selain ke perguruan tinggi negeri maupun swasta. Bagi kalian yang tertarik mendaftar sekolah kedinasan di Sulawesi Selatan , berikut tujuh pilihan kampusnya untukmu.

Sekolah kedinasan memiliki dua pola pola pembinaan yakni dengan ikatan dinas dan non ikatan dinas. Lulusan sekolah kedinasan ikatan dinas nantinya bisa diangkat menjadi CPNS yang dibutuhkan di institusi yang menaungi sekolah kedinasan tersebut.

Sementara perguruan tinggi kedinasan non ikatan dinas memang tidak ada pengangkatan CPNS namun lulusannya pun bisa mendaftar PNS jalur umum. Dengan ilmu spesifik yang telah dipelajari di sekolah kedinasan tertentu, lulusannya pun pastinya menjadi pertimbangan tersendiri para pencari kerja.

Sekolah kedinasan sudah banyak tersebar di penjuru Nusantara, salah satunya di Sulawesi Selatan. Nah bagi kalian yang tertarik mendaftar sekolah kedinasan, berikut ini tujuh sekolah kedinasan di Sulawesi Selatan yang dikutip dari laman resmi masing-masing perguruan tinggi dan Sipencatar Kemenhub.

1. Politeknik Penerbangan Makassar (Poltekbang Makassar)

Politeknik Penerbangan Makassar merupakan salah satu sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan. Kampusnya berlokasi di dua tempat di Sulawesi Selatan. Poltekbang Makassar membuka penerimaan taruna/taruni baru melalui seleksi sekolah kedinasan dengan ikatan dinas. Oleh karena itu bagi yang sudah lulus bisa diangkat menjadi CPNS.

Yakni di Kampus 1 di Jalan Poros Makassar-Maros Maroppo, Kelurahan Bontoa Kecamatan Maros, Sulawesi Selatan. Kampus 2 di alan Salodong, Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa PPG Periode IV Diumumkan, Cek Infonya di Sini

Poltekbang Makassar memiliki empat program studi. Yaitu prodi Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara, Managemen Lalu Lintas Udara, Teknologi Bandar Udara, dan Teknologi Navigasi Udara. Namun pada seleksi sekolah kedinasan 2022, prodi yang dibuka untuk ikatan dinas yakni DIII Teknologi Bandar Udara dan DIII Manajemen Lalu Lintas Udara.

2. Politeknik Pelayaran Barombong (Poltekpel Barombong)

Politeknik Pelayaran Barombong juga merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan yang fokusnya mencetak SDM tangguh di bidang pelayaran. Lulusannya juga akan diangkat menjadi CPNS.

Poltekpel Barombong terletak di Jalan Permandian Alam No 1 Barombong, Tamale, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Program studi yang dibuka untuk menjadi CPNS di bidang pelayaran ini adalah DIII Studi Nautika dan DIII Permesinan Kapal.

3. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar (PIP Makassar)

Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar juga menjadi salah satu sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan yang menerima taruna/taruni baru untuk diangkat menjadi CPNS. PIP Makassar terletak di dua lokasi yaitu Jl. Tentara Pelajar No. 173 Makassar dan Jalan Salodong, Untia, Biringkayana, Makassar, Sulawesi Selatan.

Pada seleksi sekolah kedinasan 2022, program studi yang dibuka adalah DIV Nautika, DIV Tehnika, dan DIV Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan (KALK).

4. Politeknik Pariwisata Makassar (Poltekpar Makassar)

Politeknik Pariwisata Makassar merupakan satu-satunya perguruan tinggi kepariwisataan berstatus negeri di kawasan timur Indonesia dan telah terakreditasi BAN-PT. Poltekpar Makassar berada di Jalan Gunung Rinjani, Kota Mandiri, Tanjung Bunga, Makassar, Sulawesi Selatan.

Poltekpar Makassar memiliki sejumlah program studi yakni:

Baca juga: Pendaftaran PPPK Guru 2022 Terakhir Hari Ini, Simak Syarat dan Ketentuannya

1. Jurusan Hospitality
- DIII Manajemen Divisi Kamar
- DIII Manajemen Tata Hidang
- DIII Manajemen Tata Boga
- DIV Pengelolaan Perhotelan

2. Jurusan Perjalanan
- DIII Manajemen Bisnis Perjalanan Wisata
- DIV Usaha Perjalanan Wisata
- DIV Manajemen Bisnis Konvensi dan Perhelatan

3. Jurusan Kepariwisataan
- DIV Destinasi Pariwisata

5. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Makassar (Poltekkes Kemenkes Makassar)

Poltekkes Kemenkes Makassar merupakan perguruan tinggi di bawah Kementerian Kesehatan dengan status Badan Layanan Umum (BLU). Visinya adalah menghasilkan lulusan berdaya saing tinggi dan unggul dalam kesehatan perkotaan.

Program studi yang dibuka di perguruan tinggi yang beralamat di Jalan Wijaya Kusuma No 46, Banta-Bantaeng, Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini adalah:

- Analisis Kesehatan
- Farmasi
- Fisioterapi
- Gizi
- Kesehatan Lingkungan
- Keperawatan Gigi
- Keperawatan
- Kebidanan

6. Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa (Polbangtan Gowa)

Polbangtan Gowa merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Pertanian yang menyelenggarakan pendidikan tinggi program vokasi dengan metode teaching factory dalam berbagai rumpun ilmu terapan yang bertujuan untuk mendukung pembangunan pertanian.

Kampusnya berada di dua lokasi yaitu Kampus 1 di Jalan Malino Km. 7 Romanglompoa, Kecamatan Bontomarannu. Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Kampus 2 berada di Desa Mappesangka & Desa Turuadae, Kecamatan Ponre, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Pilihan program studinya yakni DIV Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, DIV Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan, DIII Budidaya Tanaman Hortikultura, dan DII Budidaya Ternak.

7. Politeknik Akademi Teknologi Industri Makassar (Politeknik ATI Makassar)

Politeknik ATI Makassar adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perindustrian. Politeknik ATI Makassar berdiri sejak 1967 dan berlokasi di Jalan Sunu No 220, Suangga, Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Program studi yang dibuka adalah :
- Teknik Manufaktur Industri Argo
- Teknik Industri Argo
- Otomasi Sistem Permesinan
- Teknik Kimia Material.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)