8 Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Para Penyuka Kimia

Senin, 14 November 2022 - 07:56 WIB
loading...
8 Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Para Penyuka Kimia
Berikut ini delapan jurusan kuliah yang bisa dipertimbangkan untuk para penyuka mata pelajaran Kimia. Foto/Dok/RS Syarif Hidayatullah.
A A A
JAKARTA - Saat melanjutkan kuliah , terkadang masih banyak calon mahasiswa yang bingung dalam memilih jurusan . Maka dari itu perlu dipikirkan lebih dalam mengenai apa jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

Misalnya saja bagi anak IPA yang senang melakukan penelitian di laboratorium kimia di sekolah. Kalian bisa menentukan jurusan di perguruan tinggi sesuai dengan passionmu itu.

Namun perlu diingat, kalian yang menyukai pelajaran Kimia tidak hanya kuliah dan bekerja di lab kimia saja. Sebab ada beberapa jurusan dan pekerjaan tertentu yang membuatmu harus berkolaborasi dengan lebih banyak orang.

Sebagai bahan pertimbangan kalian masuk kuliah, berikut delapan jurusan kuliah bagi kalian yang menyukai pelajaran Kimia, dikutip dari laman Akupintar.

Baca juga: Begini Cara Unpad Kenalkan Permainan Tradisional Sunda ke Mahasiswa Asing

1. Kimia

Tentunya karena kalian menyukai pelajaran Kimia di sekolah maka bisa dipastikan pilihan pertamamu adalah Kimia. Namun sebenarnya kalian tidak harus banget kuliah di Kimia FMIPA. Kalian juga bisa kuliah di Teknik Kimia atau Tadris Kimia jika tertarik pada prospek mengajar Kimia. Sains Analitik dan Instrumentasi Kimia juga bisa menjadi pilihan jurusan kuliah berdasarkan mata pelajaran Kimia.

2. Kedokteran

Ini dia, jurusan dan pekerjaan idamannya banyak anak IPA. Mungkin kamu berpikir bahwa Kedokteran lebih terkait dengan biologi, padahal bukan juga seperti itu. Misalnya, untuk mengenali massa tubuh manusia saja, kita harus belajar tentang oksigen, karbon, nitrogen, hidrogen, fosfor, dan kalsium. Bukankah kamu mengenal unsur-unsur itu di kelas Kimia?

Di beberapa kampus, Kedokteran disebut Pendidikan Dokter. Setelah lulus kuliah, kamu masih harus kuliah Program Profesi Dokter untuk menjadi dokter umum. Masih ada satu lagi jurusan kuliah terkait biologi dan kedokteran, yaitu Teknologi Kedokteran.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3174 seconds (10.101#12.26)